manfaat tanaman mugwort oleh Kesehatan SegiEmpatMugwort, yang memiliki nama latin Artemisia vulgaris adalah sebuah tanaman yang bisa tumbuh dengan subur pada negara-negara Eropa. Tanaman ini adalah tanaman yang mirip dengan semak, memiliki banyak cabang, memiliki batang yang berwarna merah atau cokelat, memiliki aroma yang khas, memiliki daun yang berwarna hijau gelap dan memiliki bunga yang berwarna merah, cokelat dan kuning.

Tanaman ini termasuk di dalam genus Artemisia. Di daerah Amerika Utara, Mugwort dianggap sebagai gulma invasif, yaitu jenis tanaman yang berasal dari daerah lain. Mugwort ini biasanya tumbuh pada tanah yang tinggi nitrogen, contohnya daerah pinggir jalan atau daerah tempat pembuangan sampah.

Tanaman ini memiliki akar kayu dan bisa tumbuh hingga ketinggian dua meter. Daun dari tanaman ini berwarna hijau gelap, bisa memiliki ukuran sekitar 5 – 20 cm, memiliki tulang yang menyirip dan memiliki bulu-bulu lebat pada bagian bawah. Sedangkan batangnya berwarna merah keunguan. Bunganya sendiri berukuran agak kecil dan memiliki banyak kelopak dengan warna kuning, merah atau gelap. Anda bisa menikmati bunga dari tanaman ini pada bulan Juli hingga bulan September.

Tanaman ini sering digunakan untuk pengobatan, terlebih lagi pengobatan tradisional, terutama di daerah Cina, Jepang dan Korea. Pada ketiga negara tersebut, tanaman ini digunakan sebagai obat herbal dan untuk memberi rasa pada makanan. Sedangkan di Korea Selatan, mugwort ini disebut dengan Ssuk. Tanaman ini adalah salah satu bahan pokok dalam pembuatan berbagai jenis makanan seperti untuk memasak nasi atau sup.

  • Kandungan Tanaman Mugwort

Adapun kandungan dari tanaman mugwort ini adalah antibiotik polacetylenes, beta-karoten, flavonoid (quercetin), hydroxycoumarins, inulin, kalsium, minyak atsiri (mengandung terpena terpenes dan turunannya, seperti borneol, cineol, kamper, linalool, thujone, dll), resin, seng serat silika, tannin, dan vitamin C.

  • Khasiat Tanaman Mugwort

Adapun beberapa manfaat dari tanaman mugwort adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan fungsi pencernaan, meningkatkan nafsu makan, membantu untuk menyerap gizi dari makanan, membunuh cacing yang masuk ke dalam tubuh dan melancarkan siklus menstruasi. Selain itu, tanaman ini juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk beberapa jenis obat.

LEAVE A REPLY