khasiat sambiloto oleh Kesehatan SegiEmpatDaun sambiloto atau Andrographis Paniculata Ness adalah salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur pada daerah tropis yang memiliki ketinggian 1 hingga 700 dpl.

Tanaman ini termasuk di dalam tanaman semak, memiliki tinggi sekitar 90 cm dan memiliki banyak cabang yang masing-masing memiliki daun. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna putih dan daun yang berukuran kecil dan berwarna hijau tua.

Banyak yang menduga bahwa tanaman ini berasal dari negara India yang kemudian menyebar ke negara lain yang berada di Asia. Tidak heran jika banyak negara Asia yang menggunakan tanaman ini sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Bagian dari sambiloto yang biasanya digunakan sebagai obat adalah daun. Tapi sebenarnya, akar, batang dan bunganya juga bisa dijadikan sebagai obat.

Sebagai tanaman obat, sambiloto adalah salah satu jenis tanaman yang bisa ditemukan dengan mudah. Hal ini karena tanaman ini terus berkembang biak sepanjang tahun, baik tumbuh liar ataupun dibudidayakan. Salah satu cara membudidayakannya adalah dengan stek batang.

Adapun cara untuk membudiyakan sambiloto adalah, ambillah batang yang agak tua dan memiliki daun sebanyak 10 helai. Setelah itu, potonglah batang tersebut sepanjang 20 cm. Setelah itu, tancaokan pada tempat yang teduh. Anda hanya perlu menunggu satu bulan untuk bisa menikmati hasilnya.

Adapun kandungan yang terdapat dalam daun dan cabang sambiloto adalah Andrografolid, Alkane, Damar, Deoksiandrogarafolid, Flavonoid, Homoandrofilid, Keton.

  • Pengobatan dengan Sambiloto

Adapun penggunaan sambiloto sebagai obat dari beberapa penyakit adalah :

  • Mengobati Diare

Siapkan 15 gram daun sambiloto, setelah itu rebuslah hingga mendidih dan minumlah air hasil rebusannya dua kali dalam sehari.

  • Menurunkan Hipertensi

Siapkan 5 hingga 7 lembar daun sambiloto, setelah itu seduhlah dengan menggunakan air panas, minumlah air hasil seduhan tersebut 3 kali dalam sehari.

  • Mengobati Thypus

Siapkan 10 hingga 15 lembar daun sambiloto, kemudian rebus. Setelah itu tambahkan madu dan minumlah air hasil rebusan tadi 3 kali dalam sehari.

  • Mengobati Kencing Nanah

Siapkan beberapa helai daun sambiloto kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air. Setelah itu, biarkan mendidih hingga menjadi 2 gelas. Saringlah air hasil rebusan tersebut dan minumlah 3 kali dalam sehari.

LEAVE A REPLY