khasiat mengkudu untuk melangsingkan oleh Kesehatan SegiEmpatBuah mengkudu, yang memiliki nama latin Morinda citrifolia adalah buah yang memiliki berbagai khasiat untuk tubuh. Khasiat buah mengkudu ini sudah dikenal sejak lama, sejak zaman nenek moyang.

Buah ini mungkin memiliki bau yang tidak sedap serta memiliki rasa yang pahit, namun ada sejuta khasiat yang terdapat di dalamnya. Buah ini merupakan sumber karbohidrat, niasin, vitamin A, vitamin C, zat besi.Selain itu, mengkudu juga buah yang tinggi protein dan rendah lemak.

Selain mengkudu, buah ini juga memiliki beberapa nama di daerah lain, seperti keumeudee di Aceh, pace, kudu atau kemudu di pulau Jawa, cangkudu di daerah Sunda, kodhuk di Madura, tibah di Bali, noni di Hawaii, nono di Tahiti, nonu di Tonga, ungcoikan di Myanmar dan ach di daerah Hindi.

Selain buahnya, ternyata daun mengkudu juga bisa digunakan sebagai pengobatan. Hanya saja, buahnya lebih populer daripada daunnya. Khasiat buah mengkudu juga telah diakui oleh medis, hal ini terbukti dengan kehadiran ekstrak buah mengkudu yang dikemas dalam bentuk obat atau kapsul. Hal inilah tentu akan sangat membantu bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari buah mengkudu tapi tidak tahan dengan baunya.

  • Khasiat dari Mengkudu

Salah satu khasiat dari buah mengkudu adalah untuk melangsingkan tubuh. Selain itu, buah mengkudu juga bisa digunakan sebagai buah yang bisa memulihkan kesehatan tubuh, mematikan bakteri penyebab infeksi, anti alergi, anti peradangan, melawan kanker dan mengaktifkan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun Anda harus rajin mengkonsumsi buah mengkudu karena efeknya pasti akan lebih lambat daripada obat-obatan kimia.

  • Buah Mengkudu untuk Melangsingkan Tubuh

Jika Anda ingin menggunakan mengkudu sebagai pelangsing, maka Anda bisa membuat ramuan berikut ini :

Siapkan segenggam daun mengkudu, temu giring sebesar 2 ruas jari kelingking, segenggam daun kemuning jawa dan ½ butir jeruk nipis.

Daun mengkudu, temu giring dan daun kemuning jawa dicampur menjadi satu lalu ditumbuk. Setelah itu, peraslah jeruk nipis diatas campuran tadi. Setelah itu, campurkan air matang sebanyak 200 cc pada campuran tadi dan aduk hingga rata. Pisahkan air dan ampasnya dengan cara diperas dengan menggunakan kain bersih.

Jika Anda tidak suka dengan rasanya yang sepat, Anda bisa bisa menambahkan sedikit madu. Minumlah ramuan tersebut sebelum sarapan pagi.

LEAVE A REPLY