manfaat temu putih oleh Kesehatan SegiEmpatTemu putih, yang memiliki nama latin Curcuma zedoaria adalah salah satu tanaman obat yang sering digunakan sebagai oleh masyarakat Indonesia. Selain sebagai obat atau campuran obat, tanaman ini juga sering digunakan sebagai pewarna pada industri makanan dan juga sebagai bahan dalam industri parfum. Tanaman temu putih dapat tumbuh pada tanah yang lembab yang memiliki ketinggian sekitar 0 hingga 1.000 meter diatas permukaan laut. Secara sepintas, temu putih ini mirip dengan temulawak, kunyit putih atau temu mangga.

Tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit dan pedas. Selain itu, temu putih juga memiliki sifat yang hangat sehingga bisa membuat tubuh lebih hangat. Temu putih juga memiliki aroma yang khas sehingga membuatnya dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan parfum.

Tanaman ini memang dipercaya bisa mematikan karsinogen, yaitu zat-zat yang menjadi penyebab kanker. Selain itu, temu putih juga berfungsi untuk melancarkan darah yang membeku, melancarkan peredaran darah dan mengatasi peradangan. Temu putih juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kanker dan juga penyakit yang berhubungan dengan masalah reproduksi wanita. Temu putih juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan pencernaan.

Temu putih ini memiliki kandungan cineole, curcumol, curcumadiol, curdione, demetoksikurkumin, kurkumin dan minyak atsiri. Dimana curcumol dan curdione adalah zat yang berfungsi untuk melawan kanker.

Adapun khasiat dari temu putih adalah meredakan nyeri haid, mengobati kanker termasuk kanker serviks, mengobati kista, sebagai penguat pada ibu yang baru saja melahirkan, mengatasi diare, mengatasi masalah lambung, mengatasi sakit perut.

Selain itu, sebuah hasil penelitian menemukan bahwa zat anti lipid peroksida yang terkandung di dalam temu putih berfungsi untuk mengobati asam urat, hipertensi atau tekanan darah tinggi, penyakit gula atau diabetes dan juga jantung koroner. Sedangkan zat curcumin, yang merupakan zat anti inflamasi atau zat anti peradangan berfungsi untuk mengobati asam lambung atau maag, mengatasi nyeri haid, mengatasi ambien, mengobati polip atau radang hidung, mengobati amandel atau radang tenggorokan dan mengobati keputihan.

LEAVE A REPLY