manfaat singkong untuk kesehatan oleh Kesehatan SegiEmpatSingkong adalah salah satu bahan pangan yang dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dan ternyata manfaat singkong untuk kesehatan sangatlah banyak selain umbi dan daunnya yang bisa dimakan. Di setiap daerah di Indonesia, ada berbagai macam nama dari singkong, seperti ubi kayee, tela pohong, kasapen, tela belada, lame kayu, pangala dan sebagainya.

Singkong adalah makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan, mengandung antioksidan, antitumor, antikanker dan juga beberapa jenis penyakit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat singkong untuk kesehatan :

  • Manfaat Singkong untuk Kesehatan adalah Mengobati Sakit Kepala

Jangan langsung minum obat saat Anda sakit kepala. Anda lebih baik jika Anda menggunakan manfaat singkong untuk kesehatan, salah satunya adalah sakit kepala. Caranya adalah tumbuklah daun singkong sampai halus, lalu gunakan sebagai kompres pada kepala Anda.

  • Menurunkan Demam

Ketika Anda demam, ambillah 300 gram daun dan 60 gram batang singkong lalu rebus dengan 800 cc air. Setelah itu, biarkan rebusan tersebut menyusut hingga 400 cc. Setelah itu, saring lalu minum sebanyak dua kali dalam sehari.

  • Mengatasi Diare

Ketika Anda diare, ambillah tujuh lembar daun singkong lalu rebus dengan 800 cc air. Setelah itu, biarkan rebusan tersebut menyusut hingga 400 cc. Setelah itu, saring dan minum.

  • Mengobati Luka

Jika Anda memiliki luka yang mulai infeksi, tumbuklah batang singkong yang segar, lalu taruh dalam luka Anda. Jika luka Anda disebabkan benda panas, parut dan peras lalu oleskan pada luka. Lakukan hal itu hingga luka kering.

  • Mengobati Rematik

Ada dua cara mengobati rematik dengan menggunakan singkong, yaitu dari dalam dan luar. Untuk pengobatan dalam, ambillah 100 gramĀ  batang singkong, 15 gram jahe, garam dan serai. Rebuslah semua bahan tersebut dengan menggunakan 1000 cc air dan biarkan menyusut hingga 400 cc. Setelah itu, minumlah sebanyak 200 cc sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukan hal ini selama dua hari.

Sedangkan untuk pengobatan luar, tumbuklah lima lembar daun singkong dengan 15 gram jahe. Setelah itu aduk dan oleskan pada bagian tubuh yang mengalami rematik.

LEAVE A REPLY