manfaat biji wijen oleh Kesehatan SegiEmpatWijen, yang memiliki nama latin Sesamun indicum L. adalah sebuah tumbuhan yang bisa tumbuh pada ketinggian 1 hingga 1.000 meter dpl. Tumbuhan ini berasal dari Afrika Tropis sehingga bisa tumbuh pada daerah kering.

Wijen memiliki daun yang saling berhadapan, lebih sempit dan memiliki tangkai yang panjang. Sedangkan bunganya bertangkai pendek, tertancap diantara dua kelenjar dengan bunga yang berwarna ungu atau putih. Bunganya sendiri membengkok ke bawah dan memiliki bentuk seperti tabung. Sedangkan mahkota bunganya berlendir dan berambut seperti kelopaknya.

Buah wijen berbentuk persegi empat, panjang, tumpul, berambut lebat. Buah ini berada di antara pangkal daun dan batang. Di dalam satu buah terdapat 50 biji wijen. Biji wijen yang terdapat di dalam buah inilah yang akan digunakan sebagai bahan makanan dan pengobatan.

Wijen memiliki bau wangi yang khas, baik saat masih berbentuk biji ataupun setelah diolah menjadi minyak. Seperti yang diketahui bahwa wijen dapat digunakan sebagai bahan pencampur makanan dan juga obat alami.

Seorang ahli kesehatan mengatakan bahwa wijen memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kanker, membuat Anda terlihat lebih awet muda dan juga memperbanyak air susu ibu. Sejumlah hasil penelitian telah menemukan bahwa kandungan zat kimia di dalam wijen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Adapun beberapa zat yang terdapat di dalam biji wijen adalah gliserida (asam oleat, linoleat, miristinat, palmitat dan stearat), lignans, pedaliin, planteose, prantosa, protein, sesamin, sesamolin, sesamol, sitokrom C serta vitamin A, vitamin B1 dan vitamin E. Hal inilah yang membuat wijen memiliki banyak manfaat, yaitu untuk mencegah, mengobati dan juga merawat.

Untuk pencegahan, wijen dapat mencegah rambut rontok, rambut beruban, penuaan, penyakit degeneratif, kanker, hipertensi, stroke dan sebagainya. Sedangkan untuk pengobatan, wijen dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, batik, diare, sakit perut, sembelit, sering kebelet, luka, rematik, kencing manis, katarak dan kencing nanah.

Adapun kandungan yang terdapat di dalam wijen adalah gliserida, lignans, pedaliin, planteose, sesamin, sesamolin, sitokrom dan vitamin A, vitamin B1 serta vitamin E. Sedangkan biji wijen adalah untuk mengobati batik, nyeri perut, batuk dan juga mencegah kanker.

LEAVE A REPLY