bahan dapur menjaga kesehatan jantung oleh Kesehatan SegiEmpatAda beberapa bahan dapur yang tidak hanya bermanfaat untuk membuat makanan menjadi lebih lezat tapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu organ penting yang harus dijaga adalah jantung.

Sebuah hasil penelitian telah menemukan bahwa ada beberapa bumbu dapur yang berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Dengan begini, maka Anda bisa menurunkan resiko untuk terkena beberapa penyakit jantung yang berbahaya. Berikut ini adalah beberapa bumbu dapur untuk menjaga kesehatan jantung:

  • Bawang Putih

Bawang putih bisa memperkuat jantung serta menjaga kekentalan darah sehingga dapat dijadikan sebagai tonik jantung. Hal ini karena allicin, yang merupakan sebuah senyawa yang mengandung sulfur yang berperan sebagai anti pembekuan dan penurun kolesterol serta tekanan darah.

  • Kayu Manis

Rempah yang satu ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Kayu manis juga bisa membantu para penderita diabetes karena bisa meningkatkan resistensi insulin. Anda bisa menambahkan kayu manis dalam secangkir teh hangat Anda.

  • Ketumbar

Asam dekanoat dan linaloon adalah dua senyawa utama yang terdapat pada biji ketumbar. Kedua senyawa ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan gula darah. Cara menggunakannya adalah rendamlah dua biji ketumbar selama semalam dan minumlah keesokan harinya.

  • Lada Hitam

Lada hitam mengandung piperin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta memulihkan fungsi jantung setelah terjadinya serangan jantung..

  • Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang bermanfaat sebagai anti peradangan, anti oksidan, anti proliferasi dan anti pembekuan. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

  • Jahe

Rempah yang satu ini memang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Jahe bermanfaat untuk meredakan kram, sakit tenggorokan, masalah pencernaan, muntah, arthritis serta hipertensi. Jahe mengandung gingerol, yang merupakan senyawa yang bisa membuat pembuluh darah menjadi rileks, mengurangi rasa sakit serta merangsang aliran darah. Tidak hanya itu, jahe juga bermanfaat sebagai anti peradangan.

  • Jintan Hitam

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa jintan hitam bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDR dalam tubuh secara signifikan. Tidak hanya itu, jintan hitam juga bisa membuat jantung lebih sehat dengan kandungan pitosterolnya.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY