bahan alami meredakan batuk berdahak oleh Kesehatan SegiEmpatAda dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk disebabkan oleh virus dan bakteri. Meskipun sudah ada obat batuk yang bisa meredakan batuk dengan cepat, namun biasanya obat tersebut memiliki efek samping. Jadi akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi bahan alami yang bisa meredakan batuk berdahak.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami untuk meredakan batuk berdahak:

  • Air Garam

Air garam mampu membunuh bakteri dan virus penyebab batuk serta mengeluarkan dahak pada tenggorokannya. Anda hanya perlu berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari secara teratur.

  • Kencur dan Jahe

Kedua rempah ini juga memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menyembuhkan batuk. Caranya adalah kupaslah kedua bahan ini hingga bersih lalu tumbuk. Setelah itu, masaklah dan ambil sarinya. Selain itu, Anda juga mengunyah kencur.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk batuk. Jika Anda mampu, minumlah satu sendok teh air hasil perasan jeruk nipis. Namun jika Anda tidak tahan dengan rasa asamnya, campurkan dengan kecap atau madu. Lakukan ini tiap pagi dan sore hari.

  • Licorice

Salah satu jenis tumbuhan yang bisa meredakan batuk berdahak adalah akar teh licorice. Tidak hanya itu, tumbuhan ini juga bisa mengobati radang tenggorokan. Caranya adalah rebuslah 2 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan akar licorice dan biarkan beberapa saat. Lalu diamkan beberapa saat hingga dingin. Setelah dingin, minumlah air hasil rebusan. Anda juga bisa menambahkan madu.

  • Daun Teh dan Minyak Kayu Putih

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan penguapan. Caranya adalah rebuslah air hingga mendidih dan masih mengeluarkan uap. Setelah itu, masukkan daun teh dan minyak kayu putih secukupnya. Kemudian, hiruplah uapnya secara perlahan. Lakukan ini hingga Anda merasa lebih lega.

  • Lada Hitam

Selain sebagai bumbu makanan, lada hitam juga bisa membantu Anda untuk menyembuhkan batuk berdahak. Caranya adalah rebuslah lada hitam lalu campurkan dengan madu. Hasil campuran ini kemudian diminum saat pagi dan malam secara teratur.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY