aromaterapi meredakan stres oleh Kesehatan SegiEmpatDengan begitu banyak rutinitas serta tekanan yang besar mungkin saja akan membuat Anda stres. Padahal stres bisa menurunkan produktifitas dan performa kerja. Andapun kemudian akan mencoba berbagai cara untuk meredakan stres. Salah satu cara terbaik yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan aromaterapi.

Berikut ini adalah beberapa aromaterapi yang bisa meredakan stres seketika:

  • Bunga Lavender

Bunga yang berwarna ungu ini sudah sejak lama digunakan sebagai parfum dan pengusir nyamuk. Untuk menghilangkan stres, Anda bisa mencampurkan bunga lavender kering ke dalam bak mandi sebelum berendam atau mengoleskan minyak lavender ke seluruh tubuh sebelum mandi. Selain itu, Anda juga bisa menyalakan lilin yang beraroma lavender dan menghirup baunya.

  • Chamomile

Jika Anda adalah orang yang mudah panik, cobalah untuk selalu menyediakan minyak chamomile. Ketika Anda terserang panik, teteskan minyak chamomile ke telapak tangan, hirup aromanya dengan perlahan dan hembuskan lewat mulut. Cara ini akan mengurangi rasa panik Anda.

  • Peppermint

Saat Anda sakit kepala atau merasa depresi, rendamlah sebuah handuk di air panas lalu teteskan minyak pepermint pada permukaannya. Setelah itu, kompreslah dahi dan leher Anda dengan handuk tersebut. Sambil mengompres, tariklah napas dalam-dalam untuk merasakan sensasinya.

  • Kayu Cendana

Aroma dari kayu cendana bisa mengurangi ketegangan, kecemasan dan stres. Selain itu, minyak yang diekstrak dari kayu cendana juga bisa memberikan kedamaian pikiran serta ketenangan.

  • Basil

Minyak basil bisa mengatasi lelah pikiran dan mood negatif. Penggunaan minyak dari daun basil secara teratur bisa membuat pikiran lebih jernih, konsentrasi lebih baik dan antusiasme kerja meningkat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, teteskan minyak basil pada air hangat dan rendamlah sebuah handuk pada air tersebut. Gunakan handuk tadi untuk mengelap, wajah, leher, belakang telinga, tangan dan kaki Anda sebelum tidur.

  • Minyak Neroli

Jika pikiran Anda lelah karena masalah kantor yang bertubi-tubi, lepaskan stres dan ketegangan Anda dengan minyak neroli. Selain itu, minyak ini juga bisa meningkatkan konsentrasi. Untuk menikmati aroma dari minyak ini, teteskan pada tissue atau cotton bud lalu bungkus dengan kantong dan letakkan di meja kerja.

LEAVE A REPLY