Manfaat Tahu oleh SegiEmpatIndonesia memiliki segudang makanan khas yang begitu melekat di kalangan masyarakat tanah air, salah satunya adalah tahu. Makanan yang berbahan dasar dari kedelai ini menjadi makanan yang mudah untuk kita temui. Strukturnya yang lembut, gurih dan rasanya yang lezat menjadikan tahu sebagai salah satu makanan favorit banyak kalangan. Sayangnya kebanyakan kalangan masyarakat tanah air tidak mengetahui manfaatnya, pasalnya selama ini tahu kita kenal sebagai makanan yang dibuat dari ampas kedelai. Padahal sebenarnya makanan yang mudah diolah ini punya manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat tahu bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Bermanfaat untuk Sistem Imun

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh menjadi faktor penting yang dapat mencegah kita terjangkit penyakit. Nah, ternyata tahu itu bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya tahu juga memiliki kandungan nutrisi, mineral dan vitamin yang bisa meningkatkan imun dan melawan berbagai penyakit.

Bermanfaat untuk Mencegah Diabetes 2

Salah satu manfaat tidak terduga dari tahu adalah menurunkan kadar insulin di dalam tubuh. Hal tersebut sudah dibuktikan dari sejumlah penelitian yang mencatat jika rutin mengkonsumsi tahu dapat mencegah diabetes khususnya diabetes tipe 2 karena tahu bermanfaat menurunkan kadar insulin.

Bermanfaat untuk Mencegah Kegemukan

Tahu ternyata juga punya manfaat untuk mencegah kegemukan alias obesitas. Pasalnya tahu memiliki kandungan peptins yang ampuh membakar lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

Bermanfaat Mencegah Kanker

Siapa sangka tahu ternyata punya manfaat untuk mencegah kanker. Tahu ternyata memiliki kandungan isoflavonoid dan flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah sel-sel kanker tumbuh dan berkembang di dalam tubuh. Bahkan kandungan genistein juga bermanfaat untuk mengatasi risiko tumor pada payudara dan prostat.

Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat adalah impian semua orang, dan ternyata salah satu manfaat ajaib tahu adalah menguatkan jantung dan dapat mengatasi risiko stroke. Pasalnya tahu dapat mengatasi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga dengan rutin mengkonsumsi tahu dapat menyehatkan jantung.

Kandungan yang ada di dalam tahu ternyata kaya akan protein, kalsium, asam amino, mineral dan mikronutrien yang sangat bermanfaat. Mulai dari mencegah anemia, mencegah risiko osteoporosis hingga mencegah penuaan dini. Masih ragu mengkonsumsi tahu?

LEAVE A REPLY