Manfaat Sehat Cabai oleh SegiEmpatSudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk mengkonsumsi cabai dalam menu makanan yang konsumsi setiap harinya. Bahkan, mungkin tanpa cabai makanan yang mereka konsumsi tidak akan terasa lengkap. Cabai memang bermanfaat untuk meningkatkan selera makan dan membuat makanan terasa lebih nikmat saat dikonsumsi. Namun, cabai juga sering disebut sebagai bahan makanan yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan.

Tapi cabai tidak selamanya buruk untuk dikonsumsi, bahkan hasil peneltiian terbaru menyebut jika cabai sebenarnya punya manfaat sehat untuk tubuh kita, apa saja manfaat sehat cabai? Berikut ulasannya.

Bermanfaat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat

Saat kita mengalami hidung tersumbat kondisi tersebut memang cukup menyebalkan, tapi kalian tidak perlu khawatir karena itulah salah satu manfaat cabai. Pedasnya cabai bisa membantu kamu untuk mengatasi hidung tersumbat.

Bermanfaat untuk Memenuhi Asupan Vitamin C

Siapa sangka ternyata cabai memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Bahkan ternyata kandungan vitamin C pada cabai jauh lebih banyak di banding buah jeruk yang selama ini dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Hasil penelitian dari sejumlah pakar menyebut jika dibalik sensasi pedasnya cabai menyimpan sekitar 170mg vitamin C. Hal tersebut jauh lebih banyak di banding jeruk yang hanya mengandung 69mg vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi cabai tentu sangat membantu untuk memenuhi asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu tentu sangat baik untuk menunjang kesehatan.

Bermanfaat untuk Menghentikan Pendarahan

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi cabai ternyata juga bermanfaat untuk menghentikan pendarahan saat kita mengalami kejadian yang tidak terduga. Menurut para pakar, cabai khususnya cabai rawit bisa dijadikan sebagai obat untuk menghentikan pendarahan dengan cara di taburkan pada bagian tubuh yang mengalami pendarahan atau dilarutkan kedalam air untuk dijadikan sebagai obat perban.

Bermanfaat bagi Imun

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang merupakan zat kimia alami yang memberikan rasa pedas. Namun menurut para pakar zat tersebut tidak selamanya buruk, hasil penelitian menemukan fakta bahwa zat kimia alami tersebut mampumencegah dan melindungi tubuh dari serangan virus dan juga infeksi jamur.

Namun, meski bermanfaat bagi kesehatan, sebaiknya kalian juga tidak mengkonsumsinya berlebihan ya.

LEAVE A REPLY