Manfaat Berbuka dengan Kurma oleh SegiEmpatSelain semarak Ramadhan yang identik dengan berbagai tradisi masih ada satu hal yang juga sangat identik dengan bulan puasa yaitu buah kurma. Di bulan puasa, kurma menjadi makanan yang sangat mudah ditemui apalagi di tanah air. Hampir disetiap tempat kurma selalu ada dan selalu menjadi menu disaat berbuka.

Bagi umat Muslim, buah kurma memang disarankan untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Tak heran selama Ramadhan buah kurma selalu laris manis di pasaran. Selain karena dianjurkan sebenarnya buah kurma memang memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh apalagi jika di konsumsi sebagai menu saat berbuka puasa.

Nah, seperti apa sih manfaat berbukaa dengan kurma? Berikut 7 diantaranya.

Meningkatkan Energi

Bagi yang berpuasa, salah satu hal yang selalu menjadi masalah adalah energi tubuh. Saat berpuasa tubuh tentu akan kekurangan energi akibat tidak makan dan minum sehari penuh. Nah, saat berbuka buah kurma punya manfaat untuk itu. Mencampurkan buah kurma dengan susu dan madu sangat ampuh meningkatkan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Menjaga Berat Badan

Kurma menjadi salah satu makanan yang memiliki efek “tersendiri” saat dikonsumsi. Ya, saat memakan kurma perut kadang terasa jadi lebih cepat kenyang. Hal ini tentu bermanfaat untuk mencegah kamu makan berlebihan saat berbuka sehingga kamu bisa menjaga berat badan dengan baik selama berpuasa.

Menambah Zat Besi

Dari hasil penelitian buah kurma memiliki kandungan yang tinggi akan zat besi. Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk produksi sel darah merah yang bermanfaat untuk mencegah kamu merasa lemas saat berpuasa.

Menghindari Diare

Selain zat besi kurma juga mengandung kalium. Kalium sendiri merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan usus dan bermanfaat mencegah diare. Jadi tidak perlu takut diare saat puasa.

Mengatasi Kolesterol

Kurma juga menjadi makanan yang sehat untuk mengatasi kolesterol khususnya kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini tentu bermanfaat untuk menjaga arteri tubuh tetap sehat.

Mengurangi Tekanan Darah

Hasil penelitian menyebut jika menkonsumsi 3 sampai 4 biji kurma secara rutin saat berbuka ampuh menjaga dan mengurangi tekanan darah yang berlebihan.

Sehat untuk Jantung

Kurma ternyata juga memiliki manfaat bagi jantung. Hal tersebut bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kurma dengan rutin atau meminum air rebusan kurma.

Kurma memiliki banyak kandungan bermanfaat, mulai dari magnesium, fosfor, kalium, zat besi, tembaga dan belerang yang mana semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh saat berpuasa.

LEAVE A REPLY