Home » Kesehatan » Makanan Sehat » 6 Makanan Pembakar Lemak

6 Makanan Pembakar Lemak


Membakar lemak berlebih dalam tubuh tidak cukup hanya dengan berolahraga saja. Anda perlu juga memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Berolahraga secara teratur tanpa memperhatikan pola makan yang  benar tidak akan membawa hasil yang diharapkan dimana Anda ingin mengurangi kadar lemak di dalam tubuh Anda.

Beberapa jenis makanan berikut ini memiliki khasiat yang terbukti membantu proses pembakaran lemak dengan lebih cepat. Anda sebaiknya memastikan makanan berikut ini ikut terhidang dalam menu sehat Anda:

APEL

apelAnda tentu sudah sangat dengan kalimat “An apple a day keeps the doctor away“. Yup, kalimat ini menggambarkan bagaimana buah apel yang dikonsumsi secara teratur akan membantu menjaga kesehatan kita.

Tapi, ternyata tidak hanya sekedar membantu menjaga kesehatan kita. Apel juga memiliki kemampuan untuk membakar lemak yang jauh lebih ampuh dibanding kebanyakan buah-buahan yang lainnya. Hal ini dikarenakan apel mengandung zat bernama Pectin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, zat Pectin mampu meningkatkan proses pembuangan lemak tubuh hingga 44%!

Untuk Anda yang ingin membakar lemak tubuh dengan cepat, disarankan untuk berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi apel minimal 2 buah sehari sebagai cemilan yang sehat.

TAHU

tahuTahu sudah lama dikenal karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Namun satu hal yang masih jarang diketahui adalah kemampuan tahu dalam menghancurkan kolesterol jahat. Menurut New England Journal of Medicine, ditemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi 47 gram protein kedelai (kurang lebih setara dengan 297 gram tahu) setiap harinya, maka akan mampu menghancurkan kolesterol hingga 23,2 niligram per desiliter darah.

Agar lebih nikmat, tahu ini bisa Anda olah dalam berbagai macam jenis masakan. Untuk membantu menghilangkan kolesterol jahat, minimal anda mengkonsumsi 297 gram tahu sehari yang bisa Anda buat dalam bentuk tumisan atau ditambahkan di sayuran lain.

KAYU MANIS

kayu manisKhasiat kayu manis dalam membantu menghilangkan lemak tubuh ditemukan lewat penelitian selama kurang lebih 40 hari oleh seorang ahli nutrisi kebangsaan Inggris, Anita Bean. Penelitian ini menyimpulkan fakta bahwa dengan mengkonsumsi kayu manis sebagai bahan tambahan dalam sarapan Anda di pagi hari akan membantu meningkatkan mengurangi kadar gula dalam darah.

Kayu manis bekerja mengurangi kadar gula darah dengan mengaktifkan reseptor insulin sehingga membuat sel-sel melakukan metabolisme gula 20% lebih efektif. Disarankan untuk mengkonsumsi setengah sendok teh kayu manis setiap harinya.

BROKOLI

brokoliKate Percy, seorang pelari maraton yang sekaligus seorang penulis buku-buku nutrisi, mengatakan bahwa kebutuhan vitamin C tubuh kita perharinya bisa didaptkan hanya dari mengkonsumsi 33 gram brokoli sehari. Tidak banyak yang dibutuhkan tubuh kita untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, hanya dengan 33 gram brokoli sehari.

Penelitian menunjukkan fakta bahwa ukuran pinggang akan bertambah ketika tubuh kekurangan vitamin C. Hal ini disebabkan berkurangnya produksi carnitine yang berfungsi untuk mendistribusikan lemak untuk dibakar.

TELUR

telurSelain karena mengenyangkan dan sangat kaya dengan kandungan protein, telur juga banyak mengandung vitamin A, D, E dan K di dalam bagian kuning telurnya.

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan hasil bahwa pasokan kalori berhasil dikurangi hingga 417 kalori dari para objek penelitian yang mengkonsumsi dua butir telur setiap sarapan pagi.

Penelitian ini mengundang banyak pro dan kontra di kalangan ilmuwan nutrisi karena selama ini telur dikenal sebagai bahan makanan yang sangat tinggi kadar kolesterolnya. Beberapa ilmuwan menyarankan untuk mengkonsumsi putih telur saja setiap hari dan jangan mengkonsumsi kuning telurnya setiap hari.

JERUK NIPIS

jeruk nipisJeruk nipis selain digunakan sebagai penyedap masakan juga efektif untuk membantu proses menghilangkan lemak dari dalam tubuh. Peneliti Kanada telah melakukan riset resmi mengenai hal ini dan hasilnya membuktikan bahwa limonin yang terkandung di dalam jeruk nipis menghalangi hati untuk memproduksi LDL yang mengangkut kolesterol. Jadi, tubuh Anda meminimalkan produksi lemak dan menyumbat aliran darah ke jantung.

Tentang Erwin Miradi

Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri. Untuk membaca profil selengkapnya, klik disini.

One comment

  1. untk sehat itu gak gampang lo….dan skli2 jgn kita ini lagu2an dgn mkanan, ingt pnyakitbya, dan jgn trllu buru2 mmbwanya k dokter,, tumbuhan yg ada di sekitar kita mngajak kita intuk berfikir…. dan semua ada mnfaatnya dgn ksehatan kita,. semoga kita semua memahaminya.

Berikan Komentar Anda: