Home » Kesehatan » Kebugaran » Tips Sebelum Melakukan Lari Pagi

Tips Sebelum Melakukan Lari Pagi


lari pagi

Jogging atau yang biasa orang sebut ‘lari pagi’ merupakan salah satu olahraga favorit kebanyakan orang karena mudah untuk dilakukan dan tentu saja murah. Latihan ini paling baik dilakukan di pagi hari. Namun, sebelum melakukannya, ada baiknya untuk memperhatikan kapan seharusnya Anda mengkonsumsi makanan dan minuman ketika akan melakukan jogging.

Di pagi hari, sebelum melakukan jogging Anda harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan dan minuman, agar dapat membuat jogging Anda berjalan lancar. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang salah sebelum jogging, dapat menimbulkan efek negatif dan membuat perut Anda menjadi sakit.

Oleh karena itu, untuk Anda yang sering melakukan jogging, berikut adalah beberapa tips yang baik untuk Anda lakukan sebelum memulai jogging:

Persiapkan minum sebelum jogging

Setelah tidur selama 7 sampai 8 jam di malam hari, kemungkinan besar Anda akan terbangun keesokan harinya dengan keadaan dehidrasi, merasa haus. Untuk itu setidaknya minumlah 2 atau 3 cangkir air segera setelah Anda bangun dari tempat tidur, terutama jika Anda ingin melakukan lari pagi. Minumlah sekitar 20 sampai 30 menit sebelum Anda mulai berlari.

Jika Anda tidak terhidrasi dengan baik sebelum Anda lari pagi, maka hal itu akan meningkatkan kemungkinan Anda mengalami dehidrasi, menyebabkan kinerja yang buruk dan dapat menimbulkan segudang masalah lainnya. Mengandalkan rasa haus saja sebagai indikator dehidrasi tidak cukup. Jika Anda merasa haus, maka sebenarnya Anda sudah mengalami dehidrasi.

Makan tepat sebelum lari pagi

Banyak orang yang memulai lari pagi dengan perut yang kosong. Tapi tahukah Anda bahwa hal itu sebenarnya merupakan kesalahan besar. Berolahraga dalam keadaan perut kosong adalah ide yang buruk. Tentu saja, di pagi hari hampir semua orang tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan. Bahkan makanan berat dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan stres gastronomis ketika melakukan lari pagi.

Anda setidaknya dapat mencoba untuk memakan sesuatu yang ringan seperti buah pisang atau sereal yang dapat menambah energi, sehingga Anda dapat berolahraga dengan perut yang tidak kosong. Tubuh Anda membutuhkan bahan bakar untuk lari pagi, berolahraga dengan perut kosong, kemungkinan besar akan membuat Anda menjadi lesu, mual dan tidak dapat melakukan yang terbaik.

Namun, jika Anda berencana untuk melakukan lari pagi dengan jarak tempuh yang jauh, maka Anda perlu untuk untuk beristirahat sebentar setiap beberapa menit untuk mengisi bahan bakar lagi sebelum kembali berlari pagi. Anda dapat mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan protein, seperti beras merah, roti gandum, kentang rebus, ikan atau putih telur.

Itulah tips yang baik untuk Anda lakukan sebelum memulai aktivitas jogging Anda. Jogging dilakukan untuk kebaikah dan kesehatan tubuh Anda, tapi diperlukan makanan dan minuman sebagai pendukung agar Anda dapat memperoleh hasil yang memuaskan.

Tentang Erwin Miradi

Internet marketer, PHP geek, dan seorang gamer sejati. Sebagai Internet Marketer yang sudah bergelut dengan situs dan blog sejak 2006, Erwin Miradi banyak menulis tentang turorial WordPress yang diambil dari pengalamannya sendiri. Untuk membaca profil selengkapnya, klik disini.

3 comments

  1. Lengkap sklai, n mudah2 sya bisa memiliki otot yg besar dan jga sick peck

  2. Sangat membantu khususnya bagi pemula olah raga jogging

Berikan Komentar Anda: