latihan di luar ruangan oleh Kesehatan SegiEmpatJika Anda merasa bosan latihan di gym, maka Anda bisa latihan di luar ruangan. Meksipun terlihat mudah, tapi ada beberapa persiapan latihan luar ruangan yang harus Anda perhatikan. Karena lingkungan biasanya akan memberikan efek yang lebih besar daripada ketika Anda latihan di gym.

Berikut ini adalah persiapan latihan di luar ruangan:

  • Istirahat Sejenak Setelah Makan

Ketika Anda selesai makan, sebaiknya Anda tidak langsung latihan. Karena hal ini hanya akan membuat perut Anda kram dan terasa tidak nyaman atau bahkan muntah. Jika Anda memang sangat lapar, sebaiknya Anda menunggu 3 jam sebelum akhirnya berolahraga. Sedangkan jika Anda minum smoothie, maka sebaiknya Anda menunggu selama 2 jam. Tapi kalau Anda hanya mengkonsumsi cemilan kecil, maka Anda tidak perlu menunggu hingga 1 jam. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi gula seperti softdrink atau permen karena hal tersebut akan membuat Anda kelelahan dan pusing.

  • Konsumsi Cairan Elektrolit

Air tidak cukup untuk menggantikan cairan tubuh setelah latihan di bawah sengatan matahari. Jadi jika Anda telah berolahraga selama 1 jam pada cuaca yang panas, sebaiknya Anda mengkonsumsi elektrolit yang akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap cairan dan mencegah kram.

  • Buat Sendiri Minuman Energi

Daripada Anda membeli minuman energi, ada baiknya jika Anda membuat sendiri minuman seperti itu. Caranya adalah siapkan air putih, jus jeruk dan garam. Campurkan air putih dan jus jeruk dalam jumlah yang seimbang lalu tambahkan garam, yang berfungsi sebagai pengganti sodium. Namun jika Anda tidak bisa mengkonsumsi jeruk, Anda bisa menggantikan jus aprikot.

  • Menimbang Massa Tubuh

Ada baiknya jika Anda menimbang massa tubuh sebelum dan sesudah latihan untuk mengetahui seberapa banyak cairan dalam tubuh yang keluar. Ingatlah bahwa jika terjadi penurunan berat badan setelah latihan, itu bukan lemak tapi cairan sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengkonsumsi segelas air dari setiap 0,5 kg berat yang hilang.

  • Menghitung Konsumsi Makanan

Jika Anda ingin melakukan olahraga intensitas tinggi, maka Anda harus mengkonsumsi karbohidrat kompleks dengan jumlah yang tepat. Cara menghitungnya adalah, hitunglah massa tubuh Anda dalam satuan “pon” kalikan dengan angka dua. Angka itulah yang menjadi jumlah karbohidrat kompleks yang harus Anda hindari dalam gram.

 

LEAVE A REPLY