manfaat pendinginan oleh Kesehatan SegiEmpatAda dua hal yang tidak boleh Anda lewatkan pada saat latihan, yaitu periode pemanasan dan periode pendinginan. Kedua periode ini merupakan bagian yang sangat penting dari latihan.

Saat Anda melakukan pemanasan, maka Anda akan membantu agar tubuh yang semula beristirahat, bisa menjadi sedikit lemas untuk beraktivitas. Sedangkan saat Anda melakukan pendinginan, maka Anda akan membantu tubuh yang semula beraktivitas karena latihan menjadi kembali tenang.

Saat melakukan pemanasan Anda tidak perlu melakukannya terlalu lama, Anda hanya perlu melakukan gerakan berinsetitas rendah selama 5 hingga 10 menit. Cara ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih siap untuk melakukan latihan yang memiliki gerakan yang berintensitas berat.

Akan terjadi beberapa perubahan pada tubuh Anda pada saat Anda latihan, yaitu tekanan darah, suhu tubuh dan detak jantung yang meningkat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan Anda mengeluarkan keringat pada saat Anda latihan.

Saat Anda telah selesai berlatih, Anda harus menurunkan tekanan darah dan suhu tubuh Anda. Dan hal ini akan Anda dapatkan dengan melakukan pendinginan.

Jangan pernah berhenti melakukan gerakan secara tiba-tiba, karena hal tersebut akan membuat otot Anda tetap berkontraksi dan tegang, tetapi detak jantung Anda akan menjadi lebih lambat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan aliran darah, baik yang dari otot ke jantung maupun yang dari jantung ke otot akan mengalami hambatan. Sehingga seseorang yang biasanya tiba-tiba menghentikan kegiatan olahraganya akan pusing, merasa melayang dan kehilangan keseimbangan.

Oleh karena itu pada saat Anda selesai latihan, ada baiknya Anda untuk melakukan pendinginan dengan cara sedikit menurunkan intensitas latihan. Ketika Anda telah selesai berolahraga, sebaiknya Anda berlari-lari kecil hingga kemudian berjalan selama lima menit. Cara ini akan membuat otot Anda yang semula kaku menjadi rileks dan juga akan membuat detak jantung menjadi stabil sehingga kemudian membuat keadaan untuk Anda menjadi normal kembali.

Berikut ini beberapa manfaat pendinginan setelah latihan :

  • Mencegah terjadinya kram, kaku dan nyeri pada otot ;
  • Mencegah terjadinya pusing, mual dan pingsan yang sering terjadi karena latihan yang berhenti tiba-tiba ;
  • Menurunkan pernapasan dan denyut jantung secara bertahap ;
  • Tekanan yang diterima tubuh akan lebih sedikit ;
  • Tubuh akan lebih tenang setelah latihan ; dan
  • Tubuh akan terasa lebih segar setelah latihan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY