Mengatasi Kram Otot  oleh SegiEmpatSeberapa sering Anda mengalami masalah kram otot? Masalah kram otot mungkin menjadi gangguan yang sering dialami oleh masyarakat perkotaan. Dimana segudang aktivitas yang mereka lakukan membuat sekujur tubuh mengalami kelelahan dengan sangat hebat. Tentu kondisi tersebut menjadi masalah yang serius, pasalnya saat masalah kram mulai mendera meski hanya beberapa saat tapi segudang aktivitas kerap kali tertunda. Kelelahan memang menjadi salah satu penyebab munculnya kram otot, namun dari segi kesehatan masalah tersebut juga bisa di sebabkan banyak hal. Seperti kontraksi obat yang dikonsumsi hingga terganggunya peredaran darah.

Secara umum kram pada otot itu cenderung terjadi pada daerah betis dan juga bagian belakang lutut. Saat mengalami kram mungkin Anda cenderung menggunakan beberapa jenis obat untuk mengatasinya. Tapi sebenarnya mengatasi kram otot pun bisa Anda lakukan dengan cara alami. Nah, berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda mengatasinya.

Melakukan Peregangan

Masalah kram pada beberapa anggota tubuh bisa disebabkan karena kurangnya pergerakan, seperti yang banyak dialami para pekerja kantoran. Nah, untuk mengatasinya sangat disarankan agar Anda melakukan beberapa gerakan pemanasan 10 sampai 15 menit. Cara ini bisa Anda lakukan di pagi hari atau waktu jeda Anda saat dikantor. Selain mengatasi masalah otot peregangan di pagi hari juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh Anda.

Menggunakan Batu Es

Penggunaan batu es atau yang lebih akrab disebut es batu juga terbukti ampuh untuk mengatasi kram. Es batu mampu mengatasi kram pada otot karena berperan sebagai antiinflamasi atau memiliki kandungan pereda nyeri yang sangat efektif. Anda pun hanya harus menempelkan es batu pada daerah yang terasa kram hingga kulit kemerahan.

Garam

Kekurangan natrium juga bisa menjadi penyebab ketegangan pada otot. Nah, untuk mengatasinya Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi cairan yang mengandung garam atau mengkompres bagian nyeri dengan menggunakan air hangat yang telah dicampur garam. Salah satu cara alami yang sangat ampuh mengatasi ketegangan otot yang menimbulkan rasa nyeri adalah dengan mengkompres dengan air hangat.

Menggunakan Tawas dan Kunyit

Tawas memiliki banyak fungsi, tidak haanya mengatasi masalah bau badan, tapi tawas juga bermanfaat memperlancar aliran darah. Sedangkan kunyit memiliki kandungan antiseptik yang mampu mengatasi rasa nyeri. Dua bahan dasar tersebut juga menjadi paduan sempurna untuk mengatasi masalah nyeri pada otot. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan campuran kunyit dan tawas pada daerah yang mengalami kram.