Foto Manfaat Berenang Oleh Kesehatan SegiEmpatSelain dapat dijadikan sebagai hobi atau hanya sekedar aktivitas dalam mengisi waktu luang, renang ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu jenis olahraga yang dapat Anda lakukan hari-hari. Sebab berenang merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Kira-kira, apa saja kah manfaat renang yang dapat kita dapatkan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Mengurangi Stres yang Dirasakan

Salah satu manfaat berenang yang sangat positif bagi tubuh adalah kemampuannya yang dapat membantu mengurangi rasa stres yang tengah membelit pikiran. Sebab berenang akan membantu meningkatkan produksi endorphin dalam otak yang membantu mengurangi tingkat stres yang mungkin saja tengah Anda rasakan. Saat berada di dalam air, maka pikiran yang tengah panas dapat berubah menjadi dingin secara perlahan saat Anda berada di dalam air. Air yang digunakan sebagai media dalam berenang dapat membantu seseorang melupakan masalah-masalah yang tengah mereka hadapi dan membuat perasaan menjadi lebih damai dan tenang. Oleh sebab itu, apabila Anda tengah mengalami kepenatan setelah seharian beraktivitas di kantor, maka Anda dapat mengurangi kepenatan yang Anda rasakan dengan berenang.

2. Meningkatkan kinerja otak

Bukan hanya itu, renang pun juga dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini disebabkan oleh banyaknya endorfin yang dikeluarkan oleh tubuh sehingga mampu membuat otak merasa lebih rileks lantaran mampu melepas segala kepenatan yang telah dirasakan selama seharian penuh. Dengan begitu, maka kinerja otak pun akan ikut meningkat. Selain memproduksi banyak endorfin, berenang juga akan membantu mencegah terjangkitnya beberapa penyakit syaraf seperti alzeimer, demensia, dan parkinson.

3. Menurunkan Resiko Terkena Diabetes Tipe 2

Selain dapat meningkatkan kinerja otak, berenang juga dapat memicu Anda untuk bekerja lebih keras saat bergerak di dalam air. Sebab bergerak di dalam air tidak semudah dan seringan saat Anda bergerak di daratan. Hal ini akan dengan mudah membantu membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh dan mengubah gula dalam tubuh menjadi energi. Dengan begitu, maka Anda pun dapat terhindar dari resiko diabetes tipe 2 sebab tubuh akan menjadi lebih rileks dan produksi insulin pun dapat berjalan dengan lancar.

4. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru Dan Mengurangi Gejala Asma

Bukan hanya itu, berenang ternyata dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan mengurangi terjangkitnya gejala asma. Sebab ketika berenang, Anda sangat perlu menahan nafas. Oleh sebab itu, dalam kondisi tersebut tubuh akan membiasakan diri untuk mengatur nafas sehingga apabila dilakukan secara terus-menerus, paru-paru pun akan terasa lebih longgar sedangkan nafas akan menjadi lebih panjang. Bukan hanya baik untuk paru-paru, membiasakan diri untuk berenang juga dapat membantu melatih pola pernafasan bagi penderita asma sehingga membuat pola pernafasan menjadi lebih baik. Selamat berenang!

LEAVE A REPLY