latihan meningkatkan metabolisme oleh Kesehatan SegiEmpatSalah satu proses kimiawi yang pasti akan terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup adalah metabolisme. Karena metabolisme adalah proses pengolahan dalam tubuh yang akan membuat makhluk hidup bisa tetap bertahan. Metabolisme yang cepat akan membuat tubuh seseorang menjadi lebih sehat. Hal inilah yang membuat banyak orang yang berusaha untuk mempercepat metabolisme.

Cara yang paling cepat adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Namun terkadang cara ini tidak aman dan tidak sehat sehingga bisa memberikan efek buruk. Jadi akan lebih baik kalau Anda menggunakan cara alami, yaitu dengan berolahraga.

Berikut ini adalah beberapa gerakan latihan untuk mempercepat metabolisme:

  • Back Lunge

Sikap awal dari latihan ini adalah berdiri tegak. Setelah itu, tekuk lutut sebelah kanan dengan sudut 90 derajat sedangkan kaki kiri ke belakang dengan tumit sebagai tumpuan. Tahan beberapa menit dan pastikan kalau punggung lurus. Kemudian gantilah posisi kaki. Selain meningatkan metabolisme tubuh, gerakan ini juga akan membantu untuk mengurangi tekanan pada punggung dan membuat pantat menjadi lebih indah.

  • Squat

Sikap awal dari squat adalah berdiri tegak. Kemudian, berjongkoklah dengan menjaga agar punggung tetap lurus. Setelah itu, melompatlah setinggi mungkin. Latihan ini memiliki fungsi untuk membentuk pantat, membuat tubuh tetap tegak dan seimbang dan juga meningkatkan metabolisme pada tubuh.

  • Bent Over Row

Anda membutuhkan benda berat atau barbel pada gerakan ini. Pada latihan ini, terlebih dahulu Anda mengambil sikap agak membungkuk dengan mengangkat kedua barbel di depan lutut. Setelah itu, bawalah lengan ke belakang tubuh Anda. Latihan ini akan membuat tubuh belakang menjadi semakin padat karena seluruh bobot tubuh berada pada kaki.

  • Pelvic Lift

Latihan yang satu ini bisa dibilang adalah gerakan yang sangat mudah. Tidak hanya meningkatkan metabolisme, gerakan ini akan melatih otot perut dan juga pantat sehingga membuat kedua bagian tubuh tersebut menjadi lebih indah. Caranya adalah berbaringlah dengan tegak. Setelah itu, angkatlah pinggul dan pantat Anda dengan posisi lutut ditekuk. Tahan selama beberapa saat lalu kemudian kembali ke sikap awal.

Semua latihan tersebut tidak membutuhkan waktu lama, hanya 60 detik pada setiap latihan. Jadi Anda hanya perlu waktu selama 4 menit untuk menyelesaikan semua gerakan tersebut untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta membuat Anda lebih berenergi.