kesalahan latihan oleh Kesehatan SegiEmpatSalah satu hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan otot yang kencang dan terbebas dari lemak adalah dengan latihan beban. Jika Anda melakukan latihan beban dengan baik dan sesuai dengan aturan, maka massa otot Anda akan meningkat.

Akan tetapi tidak sedikit orang yang tidak mendapatkan hasil maksimal dari latihan yang dilakukan karena melakukan berbagai kesalahan mendasar saat latihan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dasar yang tidak boleh Anda lakukan saat melakukan latihan beban. Berikut 7 kesalahan yang wajib Anda hindari saat latihan.

Tidak Melakukan Latihan Dasar

Latihan squat dan benchpress adalah beberapa jenis latihan dasar yang dapatĀ  meningkatkan massa otot dan kekuatan Anda, sayangnya tidak sedikit orang yang melewatkan latihan ini dan menganggap satu-satunya cara untuk membuat otot dada dan kaki berkemban adalah latihan leg extension dan chest flies dan leg extention. Anda bisa saja melakukan variasi latihan tetapi jangan pernah meninggalkan latihan dasar seperti squat dan benchpress.

Melakukan Latihan dalam Keadaan yang Lapar

Pada saat sedang berlatih, tubuh Anda memerlukan tenaga yang akan diambilnya dari makanan yang telah Anda konsumsi. Dan ketika ternyata Anda berlatih dalam keadaan yang lapar, maka tubuh Anda akan mengambil otot yang merupakan cadangan tenaga untuk kemudian dirubah menjadi tenaga. Hal ini pastinya akan mengurangi massa otot sehingga juga akan menghambat pertumbuhan otot Anda. Oleh karena itu, jangan pernah berlatih dalam keadaan lapar.

Kekurangan Cairan

Air adalah salah satu komponen terbesar pembentuk otot. Oleh karena itu Anda tidak boleh mengabaikan rasa haus yang datang saat Anda sedang latihan. Saat Anda haus, berarti tubuh Anda sedang kekurangan cairan sehingga butuh tambahan. Oleh karena itu agar jumlah cairan dalam tubuh Anda tetap terjaga selama latihan, minumlah delapan gelas air putih tiap harinya.

Frekuensi LatihanĀ  yang Intens

Setelah Anda melakukan latihan, otot Anda juga membutuhkan istirahat yang cukup untuk melakukan pemulihan serta pertumbuhan. Oleh karena itu terlalu sering berolahraga akan membuat pertumbuhan otot Anda terhambat. Selain itu, frekuensi latihan yang terlalu sering akan membuat tubuh Anda overtraining sehingga berpotensi untuk mengalami cedera.

Adalah wajar saat melakukan kesalahan saat latihan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil terbaiknya sebaiknya Anda meminimalisir kesalahan tersebut.