Kebutuhan Cairan saat Berolahraga oleh SegiEmpatTubuh manusia lebih di dominasi oleh cairan, bahkan dari hasil penelitian pakar kesehatan menyebut jika tubuh manusia di penuhi sekitar 50 sampai 70 persen oleh cairan. Hal tersebut tentu sangat menggambarkan betapa tingginya tingkat keebutuhan cairah dari setiap orang. Saat kebutuhannya tidak tercukupi tentu akan berdampak buruk pada kesehatan. Pasalnya, saat kebutuhan cairan tidak terpenuhi peredaran darah tidak berjalan lancar. Hal tersebutlah yang kerap menjadi pemicu munculnya segala jenis penyakit berbahaya. Mulai dari pencernaan hingga beberapa jenis penyakit mematikan.

Dehidrasi bukanlah masalah yang bisa Anda anggap sebelah mata, karena dehidrasi bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal jika tidak segera diatasi. Para pakar kesehatan sangat menganjurkan jika setiap orang memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya khususnya saat berolahraga. Tentunya rasa haus akan menerpa Anda saat berolahraga maupun setelah berolahraga. Namun, kadang rasa haus tersebut justru membuat Anda mengkonsumsi banyak cairan. Hasilnya? Bukannya tubuh menjadi segar melainkan rasa lemas, pernah mengalaminya?

Dari hasil penelitian menyebut jika kebutuhan cairan saat berolahraga itu tidak hanya harus dipenuhi saat berolahraga atau sesudah berolahraga tapi kebutuhan cairan juga harus dipenuhi sebelum Anda berolahraga. Hal tersebut untuk mencegah gangguan pada tubuh yang disebabkan karena aliran darah dan oksigen tidak lancar, seperti kram, pusing, otot kaku hingga penyakit jantung. Bahkan, para pakar kesehatan mengungkapkan jika kebutuhan cairan terpenuhi olahraga bisa menjadi lebih maksimal. Nah, seberapa banyak cairan yang Anda butuhkan saat berolahraga? Berikut ulasannya.

Sebelum Berolahraga

Seperti yang disebutkan diawal jika Anda juga wajib memenuhi kebutuhan cairan tubuh sebelum Anda berolahraga. Para pakar dan sejumlah peneliti kesehatan menganjurkan agar Anda mengkonsumsi air putih setidaknya 2 sampai 3 gelas berukuran sedang dalam kurun waktu dua jam sebelum Anda berolahraga. Satu lagi, pastikan Anda mengkonsumsi segelas air putih 15 menit sebelum Anda memulai olahraga. Hal ini bermanfaat untuk menyegarkan tubuh Anda sehingga semangat Anda saat berolahraga terus terjaga.

Saat Berolahraga

Kadang beberapa orang memilih untuk menahan rasa hausnya saat berolahraga. Hal tersebut ternyata sangat beresiko dehidrasi, karena saat rasa haus mendera itu merupakan pertanda awal akan kurangnya kebutuhan cairan yang Anda beri pada tubuh. Disarankan agar Anda setidaknya mengkonsumsi segelas air putih setiap 15 menit selama berolahraga.

Setelah Berolahraga

Umumnya, banyak kalangan yang mengkonsumsi air secara berlebihan setelah berolahraga. Hal ini juga sangat tidak baik, karena Anda bisa mengalami “kekenyangan air” yang bisa membuat Anda merasa pusing bahkan muntah-muntah. Dianjurkan agar Anda mengkonsumsi 2 sampai 3 gelas sedang setelah berolahraga.

LEAVE A REPLY