Bagi mereka yang punya masalah dengan berat badan, timbangan mungkin menjadi musuh utama. Hal tersebut tidak terlepas dari masalah berat badan yang seperti tidak dapat mereka atasi.

Waktu Menimbang Berat Badan oleh SegiEmpatAnda yang mungkin mengalami masalah seperti itu mungkin pernah dilanda stres saat melihat angka di timbangan justru menunjukkan jumlah yang lebih dari sebelumnya, benar begitu? Tunggu dulu, ternyata hal tersebut tidak selamanya menandakan kalau berat badan Anda semakin bertambah, karena bisa saja sebaliknya. Tapi bukannya berat badan Anda menurun tapi karena saat Anda menimbang berat badan tubuh Anda berada dimomen yang kurang pas.

Ya, menimbang berat badan punya waktu khusus agar Anda bisa mendapatkan angka yang sebenarnya. Lantas apa saja waktu menimbang berat badan yang baik? Anda bisa menimbang berat badan Anda kapan saja yang penting Anda tidak melakukannya di waktu-waktu berikut ini.

Sebelum Menstruasi

Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa berat tubuh para wanita sebelum menstruasi, tepatnya 5 hari sebelum haid memiliki berat badan yang lebih tinggi dari normalnya. Hal tersebut karena sebelum menstruasi tubuh wanita secara alami akan mempertahankan jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Karena itulah saat menimbang berat badan di waktu ini umumnya berat badan tubuh Anda akan lebih tinggi dari berat badan sebenarnya.

Sehabis Makan

Waktu ini yang paling konyol jika Anda melakukannya, kenapa? Namanya saja sudah makan yang berarti tubuh belum mencernanya dengan baik sehingga berat badan Anda pun akan bertambah dengan banyaknya makanan yang Anda konsumsi. Karena itu jika Anda ingin mengetahui berat badan Anda yang sebenarnya pastikan Anda tidak menimbangnya setelah Anda makan, apalagi kalau makanan yang Anda konsumsi makanan asin, sup atau sushi.

Setelah Seharian Berolahraga Berat

Bagi Anda yang sedang diet waktu ini mungkin yang paling sering Anda gunakan untuk menimbang berat badan Anda, karena Anda penasaran seberapa banyak kalori yang Anda bakar untuk mengatasi masalah berat badan Anda. Tapi faktanya waktu ini juga tidak tepat untuk menimbang berat badan Anda, kenapa? Karena setelah berolahraga berat otot-otot Anda akan mengalami sobekan kecil, dan untuk mengobatinya maka tubuh akan mengirim cairan agar memulai proses penyembuhan. Karena itu saat Anda menimbang berat badan Anda di waktu ini tubuh Anda akan lebih berat dari berat badan yang sebenarnya. Sebaiknya Anda baru menimbang berat badan dua hari setelahnya.

Setelah Menjalani Penerbangan yang Panjang

Saat menggunakan transportasi pesawat terbang, kita tidak banyak beraktivitas. Bahkan yang ada kita hanya akan duduk selama penerbangan. Tanpa Anda sadari jika duduk lebih dari 4 jam selama penerbangan akan membuat tubuh Anda mengalami ketidakseimbangan cairan dan elektrolit. Karena itu saat Anda menimbang tubuh, berat badan Anda akan bertambah dari berat badan yang sebenarnya.

Jadi jangan kaget dulu kalau Anda menimbang berat badan di waktu-waktu tersebut.

LEAVE A REPLY