Diakui atau tidak sebenarnya banyak pria yang merasa cukup khawatir dengan organ “kejantanannya”. Apalagi sudah bukan hal aneh kalau banyak orang yang menganggap jika ukuran itu sangat penting.

Anda pasti sering mendengar kalau faktor ukuran akan mempengaruhi kehidupan seks Anda, penis yang kecil ataupun testis yang kecil dipercaya sebagai tanda kalau seseorang tidak subur atau bahkan tidak bisa memuaskan istri. Yakin dengan semua itu? faktanya ukuran tidak selalu bisa dipandang sebelah mata, karena ada kalanya ukuran yang kecil justru punya nilai lebih. Misalnya lebih lama di ranjang. Tapi benarkah testis kecil tanda tidak subur?

Testis Kecil Tanda Tidak Subur oleh SegiEmpatFaktanya menurut pakar kesehatan seperti dilansir boldsky, pria yang memiliki testis kecil akan berada pada salah satu dari tiga kondisi. Pertama testosterone rendah, kedua produksi sperma yang rendah dan yang ketiga adalah tingkat estrogen yang tinggi. Itu berarti pria yang memiliki testis kecil bisa saja memproduksi sperma dalam jumlah yang sedikit, berbeda dengan mereka yang punya ukuran lebih besar.

Hanya saja faktanya meski jumlahnya sedikit, itu tidak menjamin jika pria yang punya testis kecil adalah pria yang punya masalah kesuburan. Karena dari hasil penelitian, tingkat kesuburan tidak hanya bergantung dari jumlah produksinya, melainkan dari sifat alami sperma itu sendiri. Pasalnya, ada kalanya meski jumlahnya sedikit sperma dapat bersifat “petarung” yang tangguh saat di dalam berpetualang pada sel telur wanita. Hal ini menandakan meski kecil dan produksinya sedikit bukan berarti pemiliknya tidak subur.

Tapi jangan senang dulu, karena dari penelitian dari 10 orang pria yang punya testis kecil ditemukan hanya 1 pria yang termasuk kategori subur, 9 pria lainnya dengan kondisi testis sama justru mengalami masalah kesuburan. Hanya saja itu bukan berarti pria yang punya testis kecil kebanyakan tidak subur, karena faktanya ke 9 pria tersebut mengalami masalah kesuburan dari berbagai faktor. Pertama karena gaya hidup yang tidak sehat, faktor usia dan gangguan kesehatan lainnya. Yang mana ke 9 pria tersebut mengalami penurunan produksi sperma dalam jumlah yang tinggi.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pria yang punya testis kecil tidak selalu bisa dibilang tidak subur. Meski testis kecil dapat memicu gangguan ereksi, masalah kesuburan bahkan sampai prostat. Memang jumlah sperma yang diproduksi akan berpengaruh pada masalah kesuburan, hanya saja tidak semua orang yang jumlah spermanya sedikit itu tidak subur. Karena faktor yang mempengaruhi kesuburan sebenarnya ada pada kualitas sperma itu sendiri. Sedangkan yang mempengaruhi kualitas sperma adalah gaya hidup, usia dan juga gangguan kesehatan.

Disarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendeteksi tingkat kesuburan Anda, apalagi bagi Anda yang suka mengkonsumsi alkohol, merokok serta kebiasaan buruk lainnya. Karena sebenarnya yang dapat memberitahukan apakah Anda subur atau tidak itu adalah dokter.

LEAVE A REPLY