Pagi hari adalah momen yang mungkin bagi sebagian orang harus dihadapi dengan masalah. Gak Cuma harus “kejang-kejang” karena uniknya gaya berkendara orang Indonesia yang kadang selalu mengedepankan “aturan ada untuk dilanggar” tapi kadang juga harus memulai pagi dengan sakit kepala. Hmm, kira-kira gimana ya jadinya kalau udah sakit kepala terus berangkat ke kantor harus berurusan dengan pengendara yang unik? Bisa-bisa langsung masuk RSJ hehehe.

Bagi beberapa bangun tidur bukannya segar dan berenergi, justru harus memulai pagi dengan sakit kepala. Bahkan ada juga yang sudah seperti minum obat, yang sakit kepalanya 3 minggu sekali. Nah, apakah Anda sering sakit kepala di pagi hari? Atau mungkin Anda pernah mengalaminya? Lantas seperti apa penyebabnya?

sering-sakit-kepala-di-pagi-hari-oleh-segiempatMenurut para pakar, ada 6 penyebab sakit kepala saat bangun tidur, berikut ulasannya.

Waktu Tidur yang Tidak Tepat Seperti Kurang Tidur

Tidur adalah cara alami tubuh untuk beristirahat dan mengumpulkan energi, agar keesokan harinya tubuh kita kembali siap untuk beraktivitas. Normalnya tubuh membutuhkan waktu 6 sampai 8 jam tidur setiap harinya agar dapat berfungsi secara normal. Nah, jika waktu tidur Anda kurang dari waktu normal tersebut di dalam tubuh Anda akan mengalami kekacauan hormon dan efeknya akan memicu jantung memompa lebih banyak darah. Jadinya tekanan darah meningkat dan sakit kepala.

Tapi Terlalu Banyak Tidur Juga Bisa Menyebabkan Sakit Kepala

Tapi bukan Cuma karena kurang tidur, tidur dengan waktu yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Misalnya Anda tidur 9 sampai 10 jam, hal tersebut juga memicu sakit kepala karena terjadi penurunan hormon serotin pada otak. Penurunan hormon serotin di otak akan membuat aliran darah ke otak jadi terganggu jadinya sakit kepala deh.

Kekurangan Hormon Endorfin

Tubuh kita dikontrol oleh hormon, yang mana setiap hormon punya peran penting terhadap masing-masing fungsi dan kinerja tubuh. Nah, selain hormon serotin yang menurun karena terlalu banyak tidur, kekurangan hormon endorfin juga dapat memicu sakit kepala. Umumnya di pagi hari hormon endorfin memang berada di titik terendah. Tapi jika jumlahnya normal itu tidak akan menyebabkan sakit kepala, tapi jika kekurangan maka akan membuat hormon lainnya terganggu, jadinya pembuluh darah di otak menyempit dan menyebabkan aliran darah ke otak berkurang, kondisi itu menyebabkan sakit kepala.

Mengalami Hipertensi

Peningkatan tekanan darah dapat menyebabkan sakit kepala, seperti kalau kurang tidur. Tapi selain itu penyakit bawaan seperti hipertensi juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Depresi

Depresi merupakan penyakit mental yang punya efek kompleks terhadap tubuh, salah satunya pada hormon serotin. Depresi dapat membuat hormon serotin menurun. Dan Anda tahu kan kalau itu menyebabkan sakit kepala?

Telat Minum Kopi (Kalau Anda Rutin)

Selalu nikmat untuk meminum kopi di pagi hari, jadi tidak heran kalau banyak yang memulai pagi dengan kopi. Nah, jika Anda punya rutinitas seperti itu telat minum kopi juga bisa menyebabkan sakit kepala. Kenapa? saat tubuh Anda tidak mendapatkan asupan kafein di pagi hari, hal tersebut akan memicu tekanan darah yang berlebihan pada otak sehingga Anda pun sakit kepala.

LEAVE A REPLY