Kalau ditanya hal apa yang paling menggangg, mungkin jawabannya bakal berbeda. Ada yang mungkin bilang “paling ngebetein itu kalau laper tapi pekerjaan numpuk” atau mungkin ada yang bakal bilang “paling gak suka kalau pacar yang tadinya janji ajakin makan siang tapi ditunggu ampe sore gak dateng-dateng”. Tapi apapun itu sebenarnya sadar atau tidak hal yang paling mengganggu itu kalau kita udah mulai menguap tapi gak bisa tidur. Nah, ada yang pernah ngalamin gak? padahal capek banget Cuma gak bisa tidur juga.

sering-menguap-padahal-gak-ngantuk-oleh-segiempatSecara alami tubuh akan mengirim sinyal saat sudah kelelahan dan butuh waktu untuk istirahat, yaitu dengan menguap. Tapi kadang meski sering banget menguap, dan kita sudah ada di tempat tidur mata sama sekali gak bisa terpejam. Bahkan yang ada pikiran justru melayang-melayang gak jelas, ujung-ujungnya Cuma buka hp terus stalking mantan ehh.

Ternyata menurut beberapa pakar, menguap bukan hanya tanda kalau kita butuh istirahan. Cukup bikin khawatir sih, karena mereka menyebut menguap juga bisa merupakan gejala beberapa penyakit. Nah, penyakit apa yang bikin kita sering menguap padahal gak ngantuk? Berikut ulasannya.

Gangguan pada Otak

Hasil penelitian ini mungkin membuat Anda cukup heran, karena memang yang namanya gangguan pada otak gak Cuma mengkhawatirkan tapi juga jarang kita sadari. Tapi dari hasil penelitian, menguap berlebihan berkaitan langsung dengan otak. Menurut hasil studi, orang-orang yang mengalami peradangan pada batang otak atau radang otak karena pernah mengalami stroke ringan lebih sering menguap dari biasanya.

Gangguan Lever

Para pakar menyarankan agar Anda yang sering menguap padahal Anda sendiri tidak sedang mengantuk, supaya memeriksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lengkap. Khususnya terhadap fungsi organ lever. Bukannya untuk menakut-nakuti tapi menurut pakar kesehatan keseringan menguap padahal sebenarnya tidak mengantuk itu menandakan kalau lever Anda mengalami gangguan.

Gangguan Pola Tidur

Yang paling umum, sering menguap terjadi karena pola tidur yang terganggu, namun bukan karena waktu tidur yang berubah tapi karena terlalu sering kurang tidur. Sering kurang tidur akan membuat Anda lebih sering menguap saat bangun.

Multiple Sclerosis

Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi karena gangguan pada sistem kekebalan tubuh, dimana sistem kekebalan tubuh justru menyerang selaput pelindung saraf pada otak dan tulang belakang. Salah satu gejala yang paling umum adalah sering menguap karena disebabkan oleh disfungsi thermoregulatory alias tubuh kehilangan kemampuan untuk mengontrol suhu tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan penderitanya sering menguap.

Tanda Penyakit Epilepsi

Yang paling mengejutkan sering menguap padahal gak ngantuk ternyata bisa menandakan kalau Anda menderita epilepsy. Epilepsi adalah gangguan pada sistem saraf otak, dimana otak tidak dapat mengirim sinyal yang tepat alias abnormal.

Mengejutkan bukan? karena itu sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan Anda ke dokter. Jangan tunggu sampai penyakitnya parah.

LEAVE A REPLY