Mendengar kata racun semua orang pasti langsung merasa was-was, apalagi masih segar dalam ingatan kasus pembunuhan berencana yang menggunakan racun. Seperti namanya racun merupakan senyawa yang dapat merusak kesehatan bahkan fungsi dan kinerja organ tubuh yang dapat berujung kematian.

Apapun jenisnya racun selama ini dikenal sebagai bahan berbahaya, nyaris tidak punya manfaat bagi tubuh kita. Tapi ternyata dari hasil penelitian terbaru ditemukan ada beberapa jenis racun yang justru bisa menjadi obat untuk penyakit jantung maupun penyakit kanker. Benarkah?

Racun yang jadi Obat Jantung dan Kanker oleh SegiEmpatRacun dari Tanaman Foxglove

Tanaman foxglove merupakan bunga berbentuk tabung dengan warna yang beragam seperti merah muda, putih, ungu atau kekuning-kuningan. Dari hasil penelitian tanaman foxglove merupakan salah satu tanaman paling beracun. Jika daunnya dikonsumsi meski itu tidak disengaja daun foxglove bisa memicu depresi, halusinasi parah, sakit kepala, muntah, diare, ruam dan detak jantung yang tidak teratur.

Foxglove memang mengandung racun tapi ternyata tanaman ini justru menjadi salah satu bahan yang terkandung di dalam obat digoxin, yang merupakan obat untuk memperkuat jantung, mengontrol detak jantung dan juga meningkatkan serta memperlancar sirkulasi darah.

Racun Arsenik

Kasus pembunuhan salah seorang aktivis membuat racun arsenik jadi dikenal oleh masyarakat tanah air bahkan sejak itu berbagai produk mulai dilarang karena mengandung racun arsenik.

Racun arsenik memang merupakan salah satu racun berbahaya yang bisa ada disekitar kita. Tapi disisi lain arsenik ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker, khususnya kanker leukemia promyeloctic akut. Kini racun arsenik bahkan sudah digunakan sebagai bahan obat kemoterapi.

Racun Ular

Di luar sana ada berbagai jenis ular berbahaya yang tidak hanya bisa menyebabkan rasa sakit saat menggigit tapi juga bisa menyebabkan kematian karena racunnya. Tapi ternyata tidak semua jenis racun ular yang berbahaya.

Menurut America Museum of Natural History, racun yang berasal dari ular beludak justru dapat digunakan sebagai obat pengencer darah. Sementara dari penelitian lain racun ular beludak juga terkandung di dalam obat captopril yang merupakan obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi, gagal jantung dan juga gangguan ginjal.

Racun dari Pohon Yew

Pohon yew adalah pohon paling beracun di dunia, karena kulit kayu, daun serta bijinya mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Tapi ternyata bagian kulit kayu dari pohon yew justru bisa digunakan untuk membuka aliran darah yang tersumbat pada penderita jantung. Bahkan beberapa kandungan lain yang juga terdapat di bagian kulitnya dapat bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker khususnya kanker payudara dan kanker paru-paru.

Selama senyawa racun digunakan dengan baik dan sesuai dosis yang dianjurkan dalam kesehatan racun ternyata bisa jadi obat untuk kesehatan. Tapi kalau digunakan untuk kejahatan pastinya bisa berujung malapetaka.

LEAVE A REPLY