Anda tentu tahu kalau makan merupakan aktivitas penting yang sangat kita butuhkan, tanpa makan tubuh tidak bisa beraktivitas dengan normal karena tidak mendapatkan asupan energi dan nutrisi yang berperan dalam mendukung setiap fungsi tubuh. Bayangkan saja apa yang Anda rasakan saat seharian tidak makan? Tubuh Anda jadi lemas? Anda jadi malas beraktivitas? Atau Anda jadi susah konsentrasi?

Proses Pencernaan Makanan di Dalam Tubuh oleh SegiEmpatYa, semua itu akan terjadi saat kita tidak makan, dan seiring waktu saat tubuh terus-terusan tidak mendapatkan pasokan makanan maka kondisi tubuh pun akan semakin menurun sampai berakibat fatal.

Sepenting itulah makan dalam kehidupan kita, tapi tahukah Anda apa yang terjadi saat tubuh mencerna makanan? Bagaimana tubuh memproses makanan di dalam pencernaan sebelum mengantar nutrisi pada seluruh tubuh? Bagaimana proses pencernaan makanan di dalam tubuh? Dan seperti apa disaat makanan melewati lambung dan usus?

Mulut menjadi bagian pertama dalam proses pencernaan makanan, jangan salah sejak mengunyah makanan maka tubuh sudah memulai proses pencernaan. Dalam prosesnya, saat mengunyah makanan tubuh akan memproduksi air liur guna membantu untuk memotong-motong makanan sampai bagian terkecil agar dapat diserap usus.

Setelah dikunyah lidah akan mendorong makanan ke kerongkongan dan dengan otot-otot halus yang ada di dalamnya akan membawa makanan masuk ke dalam lambung. Saat berada di dalam lambung, makanan akan diproses hingga menyerupai bentuk pasta dari hasil penghalusan cairan asam dan enzim. Setelah itu makanan yang sudah berbentuk pasta kemudian akan bergerak ke usus halus.

Di dalam usus halus, makanan kembali diproses dengan enzim pencernaan dari pancreas, dinding usus halus dan cairan empedu. Semua cairan tersebut akan bekerja bersama sehingga makanan terpecah ke molekul-molekul kecil untuk diserap ke dalam pembuluh darah usus. Dalam proses penyerapannya makanan akan memasuki aliran darah yang kemudian dibawah menuju hati. Disinilah organ hati akan menyaring setiap kandungan berbahaya yang ada di dalam darah, sekaligus menyimpan vitamin larut yang berlebihan seperti misalnya glukosa. Selain menyaring hati juga akan menyediakan cadangan nutrisi bagi tubuh dan baru akan di lepas saat tubuh membutuhkan energi tambahan.

Tapi itu bagi makanan yang dapat dicerna di usus halus, sementara makanan yang tidak dapat dicerna akan dibawah ke usus besar. Di dalamnya dengan enam bagian usus besar seperti sekum, kolon, asenden, kolon transversum, kolon desenden, kolon sigmoid dan rektum makanan yang tidak dapat diserap tubuh tersebut akan dibentuk menjadi lebih padat sebelum akhirnya menjadi feses atau tinja. Dengan gerakan peristaltik usus besar akan mendorong feses ke bagian rektum dan dikeluarkan lewat anus.

Nah, seperti itulah cara kerja tubuh kita saat mencerna makanan Anda sekarang sudah tahu prosesnya bukan?

LEAVE A REPLY