Harus diakui kalau pembahasan mengenai alat kelamin memang sangat sensitif untuk dibicarakan. Bahkan nyatanya tidak banyak orang yang mau membicarakannya pada dokter sekalipun. Padahal alat kelamin adalah bagian tubuh yang juga wajib untuk mendapat perhatian khusus, termasuk Anda para wanita.

Bukan hanya penampilan Anda saja yang wajib Anda perhatikan, apakah sudah cantik? Atau apakah sudah seksi. Tapi bagian organ intim Anda juga harus Anda perhatikan, apakah vagina Anda sehat? Apakah vagina Anda tidak jamuran? Percuma kan kalau cantik dan seksi tapi bagian “itunya” jamuran? Apa kata dunia ladies.

Salah satu gangguan yang sering terjadi namun jarang disadari adalah jamuran. Dan ladies Anda tahu gak kalau penyebab vagina jamuran itu bisa karena kebiasaan Anda sehari-hari. Apa saja?

Penyebab Vagina Berjamur oleh SegiEmpatPenggunaan G-String

Sangat seksi memang kalau Anda menggunakan g-string, apalagi jelang pergulatan Anda dengan pasangan. Hanya saja ladies wajib Anda ingat kalau penggunaan g-string juga ada batasannya. Anda sebaiknya hanya menggunakannya di waktu-waktu tertentu saja tidak setiap hari. Pasalnya pemakaian g-string dapat memicu iritasi pada kulit vagina yang berujung jamuran.

Penggunaan Pantyliners

Pantyliners alias pembalut umumnya dibuat untuk mencegah wanita “tembus” dikala menstruasi. Namun beberapa wanita tetap memakainya meski tidak sedang haid dengan alasan kebersihan.

Nah, untuk Anda yang punya kebiasaan seperti ini mulai sekarang sebaiknya dihentikan. Meski bisa membuat Anda terhindar dari gangguan cairan saat keputihan, namun pemakaian pembalut setiap hari dapat memicu jamur. Itu karena kandungan senyawa sintetisnya dan juga karena kurangnya pasokan udara pada vagina yang memicu vagina jadi lembab dan dapat menyebabkam jamur.

Kebiasaan Merokok

Bukan cuma karena bertentangan dengan budaya tapi merokok bagi wanita juga sangat berbahaya. Secara kesehatan Anda tentu sudah dapat melihatnya pada kemasan rokok, tapi mungkin ada satu hal yang lupa dimasukkan yaitu menyebabkan vagina jamuran. Ladies, faktanya rokok dapat merusak segala ekosistem yang ada pada organ intim Anda.

Cara Membersihkan Vagina yang Salah

Banyak wanita yang sampai sekarang masih belum paham bagaimana cara yang baik untuk membersihkan vagina. Ada yang membasuhnya seperti biasa sampai memakai cairan atau sabun khusus untuk daerah kewanitaan.

Ladies membasuh vagina memang penting tapi pastikan Anda menggunakan air bersih. Hindari pemakaian sabun atau cairan khusus dan pastikan saat membasuhnya lakukan dengan lembut agar tidak iritasi dan inflamasi pada jaringan vagina Anda yang sensitif.

Malas Mengganti Pakaian Dalam

Pakaian dalam punya batas waktu pemakaian. Hal ini juga bertujuan agar organ intim Anda tetap terjaga kesehatannya dan menghindari jamuran. Malas mengganti pakaian dalam apalagi setelah berolahraga dan saat kepanasan adalah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan vagina jamuran.

Kondisi ini tentunya tidak boleh didiamkan karena jika tidak Anda dapat mengalami infeksi pada vagina bahkan sampai kemandulan. Mengerikan bukan? Jadi pastikan Anda bisa menghentikan semua kebiasaan itu.

LEAVE A REPLY