Satu dari puluhan orang mungkin pernah merasakan saat-saat tertentu dimana, tangannya kram dan seperti mati rasa. Bukan hanya tidak dapat digerakkan tapi tangan pun saat diraba seperti sangat kaku bahkan tidak dapat diluruskan.

Ada yang pernah mengalaminya? ya mudah-mudahan tidak sih karena tangan yang mati rasa ternyata bisa menandakan jika Anda mengalami kondisi yang cukup serius.

Menurut sejumlah pakar, jika tangan ataupun kaki sering mati rasa dan itu terjadi cukup sering dan rutin padahal Anda saat itu tidak sedang melakukan aktivitas berat disarankan agar Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan tubuh ke dokter. Dari hasil penelitian ada 5 penyakit yang jadi penyebab tangan sering mati rasa. Bukan untuk menakut-nakuti ya tapi pemerisaan dini jauh lebih baik untuk Anda lakukan.

Penyebab Tangan Sering Mati Rasa oleh SegiEmpatPenyakit Diabetes

Tangan atau kaki yang sering mati rasa umumnya disebut sebagai gangguan neuropati perifer. Gangguan ini paling sering disebabkan oleh penyakit diabetes. Dimana gejala utamanya adalah mati rasa yang mulai terjadi pada kedua kaki dan perlahan meningkat ke bagian atas tubuh.

Penyakit Tarsal Tunnel Syndrome

Penyakit ini sebenarnya tergolong penyakit yang cukup langka, dimana mempengaruhi saraf pada tabung metatarsal. Saraf yang diserangnya adalah saraf yang berfungsi untuk perasa terhadap penyerapan dan juga sekaligus pengendali gerakan. Saat menyerang penyakit tarsal tunnel syndrome dapat membuat tumit mati rasa dan juga memicu sensasi terbakar pada pergelangan kaki. Jika tidak segera diobati maka gangguannya dapat menjalar ke bagian atas tubuh dan mengakibatkan kerusakan saraf permanen. Jika sudah menjalar ke bagian tangan itu tandanya kerusakan risiko kerusakan permanen meningkat.

Penyakit Peripheral Artery Disease

Penyakit ini merupakan penyakit dimana pada terjadi penumpukan plak yang terdiri dari lemak, kalsium, kolesterol dan jaringan fibrosa yang sudah terakumulasi di bagian arteri yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke kepala dan seluruh tubuh.

Penyakit peripheral artery disease ini merupakan penyakit serius yang butuh penanganan cepat karena jika tidak plak akan mengeras dan akhirnya menghambat aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Salah satu gejalanya yang paling umum adalah tangan atau kaki sering mati rasa.

Penyakit Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit yang terjadi karena sistem imun tubuh berfungsi terbalik. Bukannya menyerang penyebab penyakit tapi menyerang selaput pelindung saraf pada tulang belakang dan otak.

Penyakit ini sering kali menyebabkan penderitanya mengalami mati rasa. Gejala awalnya memang cukup ringan tapi jika tidak ditangani maka penyakit multiple sclerosis dapat merusak pelindung saraf sehingga menyebabkan tubuh jadi kehilangan keseimbangan.

Penyakit Sistemik Tubuh

Yang terakhir merupakan penyakit yang sudah tergolong berbahaya, karena penyakitnya tidak Cuma mempengaruhi satu organ tubuh melainkan seluruh tubuh. Mulai dari ginjal, hormon, penyakit baskular sampai tumor yang mengganggu saraf. Penyakit sistemik seperti ini gejala umumnya adalah penderitanya sering mengalami mati rasa di tubuhnya.

Nah, mengerikan bukan? karena itu jangan sepelekan saat tangan atau kaki Anda sering mati rasa. Apalagi kalau yang mati rasa itu hati, hehehe.

LEAVE A REPLY