Apa yang pertama kali Anda cari setelah seharian Anda beraktivitas di luar rumah? Berendam air panas? Atau merebahkan langsung tubuh Anda di tempat tidur?

Kalau disuruh pilih dari dua hal tersebut maka Anda mungkin akan lebih memilih untuk “memanjakan” diri di kamar tidur. Ya, merebahkan tubuh setelah seharian beraktivitas adalah tawaran yang tidak dapat kita tolak. Tapi apakah Anda sendiri sudah yakin kalau tempat tidur Anda sudah aman?

Memang sih pasti tidak ada bom atau pun tumpukan pisau yang terselip di bawah kasur Anda. Namun nyatanya ada 4 hal yang justru tidak terdeteksi tapi dapat menyebabkan penyakit. Hal ini tentu bisa berdampak buruk dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab Penyakit di Kamar Tidur oleh SegiEmpatDebu

Anda dan kebanyakan orang pastinya sudah tahu kalau kamar tidur menyimpan banyak benda yang dapat jadi sarang debu. Sayangnya hal tersebut tidak lantas membuat kita jadi waspada. Padahal debu bisa jadi sarang bakteri ataupun jamur. Tentu semua bakteri atapun jamur dapat menyebabkan penyakit pada tubuh Anda. Bisa Anda bayangkan saat kamar tidur Anda justru jadi sarang debu? Apalagi kalau debu sudah banyak menghiasi paru-paru?

Gas Volatile Organic Compounds

VOC atau volatile organic compound merupakan gas yang dikeluarkan dari bahan-bahan tertentu. Gas tersebut sebenarnya sudah sangat akrab dengan kamar kita meski harus diakui masih banyak orang yang tidak tahu seberapa besar bahayanya. Gas VOC yang dipancarkan dari kosmetik, cat ataupun penyegar ruangan dapat merusak kesehatan pernapasan dan menyebabkan sakit kepala. Dalam jangka waktu lama tentu gas tersebut bisa menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Khususnya jika kamar Anda menggunakan pendingin udara. Perlu Anda ketahui kamar tidur ber-AC dapat membuat gas tersebut terperangkap selamanya di dalam kamar, dan Anda setiap hari menghirupnya.

Tungau

Tungau merupakan makhluk kecil yang nyaris tidak dapat terlihat dengan kasat mata, namun faktanya makhluk kecil ini sangat akrab dengan kamar tidur Anda. Tungau bisa bersembunyi di kasur, seprai dan bantal.

Makhluk ini sebenarnya akan memakan sel-sel kulit yang mati. Tapi jangan salah meski terlihat bermanfaat nyatanya tungau dapat menyebabkan penyakit. seperti batuk, pilek, bersin dan gatal-gatal. Mirisnya sampai sekarang belum ada cara yang ditemukan untuk mengatasi tungau. Langkah terbaik untuk mencegah dampaknya adalah dengan rutin mengganti seprai atau menyedot debu yang ada di kamar tidur Anda agar dapat meminimalisir keberadaan mereka.

Kutu Busuk

Makhluk yang satu ini setali tiga uang dengan tungau, hanya saja keberadaannya masih dapat terlihat jelas. Hanya saja ukurannya yang kecil membuat kita jadi sulit untuk melihatnya secara langsung. Apalagi parasit ini juga mudah bersembunyi di celah-celah kasur. Meski tidak dapat menyebabkan penyakit yang serius tapi tetap saja saat menggigit tubuh kutu busuk bisa menyebabkan rasa gatal.

Rutin membersihkan kamar tidur dan menjaga sirkulasi udaranya adalah cara terbaik untuk mengatasi semua penyebabnya.

LEAVE A REPLY