Kata orang pekerja kantoran itu musuhnya stres, pekerjaan numpuk, dapat omelan si bos atau kasbon di kantin. Sebenarnya sih saya kurang setuju, bukan apa-apa sih karena masih ada lagi satu musuh utama para pekerja kantoran yaitu obesitas atau perut buncit.

Emang sih yang namanya kerja itu pasti ada stresnya, pasti ada waktu dimana kerjaan lagi banyak-banyaknya sampai ada waktunya juga dimana kita harus nebalin kuping karena mendengar ocehan si bos besar. Tapi kalau masalah perut buncit dan badan yang bertambah gemuk, sepertinya sepanjang masa. Karena hampir semua pekerja kantoran mengalami itu, kalau pun tidak dia pasti punya kelainan.

Penyebab Pekerja Kantoran Gemuk oleh SegiEmpatKalau menurut beberapa orang badan tambah gemuk itu karena kurang gerak, terus kebanyakan duduk jadinya semua cairan numpuk di perut dan perut pun jadi buncit. Benarkah seperti itu? daripada menebak-nebak apa penyebab pekerja kantoran gemuk langsung aja deh ini 5 alasannya.

Karena Stres Bagi Pekerja Kantoran itu Adalah Makan

Hampir semua pekerja kantoran ditanya “kalau stres kamu ngapain?” maka mereka bakal jawab makan. Gak becanda lho ini, karena bagi pekerja kantoran makan itu emang pelampiasan stres. Gak kayak anak-anak alay yang sampe minum racun atau gak mau makan.

Soalnya gini, saat stres tubuh kita akan melepaskan satu hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan, akhirnya kalau keseringan stres yang makannya jadi makin sering juga. Apalagi gak Cuma nafsu makan aja, hormon tersebut juga bakal bikin mereka jadi suka dengan gula dan makanan berlemak. Ya ujung-ujungnya kalau bukan kegemukan perut bergelambir.

Karena Kebanyakan Di Ruang Ber-AC

Sekarang sih mayoritas perkantoran itu sudah pake AC, bukan lagi kayak di film-film warkop DKI dulu yang masih pake kipas. Ini sebenarnya wajar karena memang suhu sekarang semakin panas. Tapi ternyata keseringan kena AC juga bikin tubuh makin gemuk. Kenapa?

Karena ruangan ber-AC tanpa disadari akan membuat tubuh menyimpan banyak lemak, perlu Anda tahu lemak selain cadangan energi itu juga untuk menstabilkan suhu tubuh. Kalau dingin tubuh pun menggunakan lemak untuk menjaganya agar tidak kedinginan.

Kurang Terpapar Sinar Matahari

Lebih dari 6 jam setiap hari, di kantor yang temenin Cuma monitor, keyboar, mouse plus AC. Aktivitas ini berarti membuat kita sangat jarang untuk terpapar sinar matahari. Nah, ternyata hal ini juga mempengaruhi kondisi tubuh.

Dari penelitian jika kita jarang terpapar sinar matahari, tubuh akan mengalami resistensi insulin yang memicu nafsu makan meningkat. Kebayang gak gimana jadinya kalau itu dibarengi dengan stres? Bisa-bisa disenggol dikit langsung makan.

Lebih Sering Makan di Luar

Karena sibuk dan gak punya waktu buat nyiapin bekal, pekerja kantoran lebih memilih untuk makan di luar. Dalam artian makan di restoran cepat saji. Ini tentu jelas bikin badan bertambah gemuk.

Karena Teman yang Lain Juga Gemuk

Percaya atau tidak, jika kita bergaul dengan orang yang gemuk kita bisa jadi ikutan gemuk. Bingung kan kenapa? sebenarnya sederhana, teman kita yang kegemukan itu biasanya lebih sering makan di luar, jarang kena matahari, lebih banyak di ruangan ber-AC dan sering makan. Nah, tanpa kita sadari semua itu bakal bikin kita jadi ikut-ikutan dan ujung-ujungnya jadi kegemukan juga.

LEAVE A REPLY