Pernahkah Anda saat lagi duduk santai tiba-tiba terasa kesemutan saat berdiri? Kondisi seperti itu mungkin sudah jadi masalah paling klasik bagi banyak orang. Tidak hanya saat sedang berolahraga tapi saat sedang santai bahkan saat tidur sekalipun. Rasanya itu lho, bukan Cuma kaku tapi kram dan sakit seperti digigit ribuan semut sekaligus.

Kesemutan di salah satu bagian tubuh nyatanya merupakan kondisi yang cukup penting untuk kita perhatikan. Karena ternyata kesemutan bisa menjadi tanda adanya gangguan pada tubuh. Hal tersebut lantaran ada satu kondisi tertentu yang jadi penyebab kesemutan.  Apalagi kesemutan faktanya dapat menyebabkan gangguan saraf dan otot. Nah, apa saja penyebabnya? Berikut 7 diantaranya.

Penyebab Kesemutan oleh SegiEmpatGangguan Sirkulasi Darah

Darah adalah pengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, saat sirkulasinya terganggu maka akan menyebabkan gangguan pada tubuh. Hal ini memang sangat sulit untuk kita deteksi secara langsung, karena itulah tubuh memberikan tanda saat sirkulasi darah mengalami gangguan, salah satunya dengan menyebabkan kesemutan. Jadi jangan dianggap sepele ya.

Tubuh Kekurangan Cairan

Pernahkah Anda tiba-tiba terbangun karena salah satu bagian tubuh Anda mengalami kesemutan? Jika ya itu menandakan kalau Anda mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab kesemutan saat tidur.

Tubuh Kekurangan Elektrolit

Salah satu fungsi elektrolit adalah untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang, namun sebenarnya elektrolit juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kesemutan. Saat tubuh kekurangan elektrolit lantaran terlalu banyak cairan yang terbuang atau bahkan kekurangan maka tubuh Anda akan mengalami kesemutan.

Efek Penggunaan Obat Tertentu

Efek penggunaan obat-obatan seperti obat furosemid dan obat statis juga dapat menyebabkan kesemutan atau kram pada otot. Karena itu sebaiknya sebelum mengkonsumsinya pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter. Tapi sebenarnya sih bukan hanya dua obat tersebut tapi setiap obat yang akan Anda konsumsi sebaiknya sudah dikonsultasikan pada dokter lebih dulu. Obat tujuannya memang untuk membantu kesembuhan tapi jangan lupa obat juga punya efek samping.

Cara Olahraga yang Salah

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang menyehatkan, mungkin Anda sendiri cukup heran kok bisa olahraga menyebabkan gangguan? Bukannya olahraga menyehatkan. Ya memang benar olahraga menyehatkan tapi jika dilakukan dengan cara yang salah maka olahraga sekalipun dapat memicu gangguan pada tubuh, salah satunya adalah kesemutan.

Seperti apa cara olahraga yang salah sehingga menyebabkan kesemutan? Jika Anda kurang pemanasan atau jika Anda berolahraga secara berlebihan. Saat tubuh kurang pemanasan otot-otot yang masih kaku dan lemah sehingga bisa memicu kesemutan. Sedangkan jika Anda berolahraga terlalu keras itu juga dapat memicu kesemutan karena otot Anda terlalu lelah.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan penyebabnya? Hindari semua penyebab tersebut dan Anda pun akan terhindar dari kesemutan.

LEAVE A REPLY