Tidak terbayangkan bagaimana jadinya saat jantung, yang merupakan organ paling utama dalam kehidupan kita tiba-tiba berhenti berdetak. Saat itu terjadi kemungkinan besar Anda yang mengalaminya akan dinyatakan meninggal. Mengerikan bukan?

Saat jantung berhenti berdekat tentu kondisi seperti itu sangat berpotensi menyebabkan kematian. Apalagi faktanya hal tersebut dapat terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa mengenal waktu.

Bisa Anda bayangkan, saat Anda sedang menyetir mobil atau sedang tertawa bahagia bersama orang-orang tercinta Anda lalu tanpa ada tanda-tanda jantung Anda tiba-tiba berhenti berdetak? Saya sendiri tidak berani membayangkannya.

Penyebab Jantung Berhenti Berdetak oleh SegiEmpatMenurut para pakar kesehatan, setidaknya ada 6 penyebab jantung berhenti berdetak secara tiba-tiba. Anda tentu wajib tahu ini agar Anda bisa menghindarinya sedini mungkin.

Efek Konsumsi Alkohol

Pastinya Anda sudah sering mendengar seberapa besar bahaya alkohol bagi kesehatan tubuh bukan? Alkohol yang masuk ke dalam darah bisa menyebabkan berbagai dampak buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan detak jantung berhenti secara tiba-tiba. Hal tersebut karena alkohol dapat memicu adrenalin di dalam darah, dan jika itu terus terjadi maka dapat membahayakan jantung.

Karena Kekurangan Cairan

Efek kekurangan cairan pada tubuh selama ini terkesan biasa-biasa saja, tapi faktanya dehidrasi justru bisa berakibat fatal. Hal tersebut karena saat tubuh kekurangan cairan tanpa Anda sadari akan membuat jantung jadi lemah. Jika tidak segera diatasi maka seiring waktu jantung jadi berdetak tidak teratur sampai akhirnya berhenti berdetak.

Olahraga yang Berlebihan

Kondisi ini sebenarnya sudah banyak terjadi, ada yang tadinya sehat tapi tiba-tiba jatuh saat berolahraga dan tidak sadarkan diri. Tak lama terdengar kabar kalau dia sudah meninggal dunia. Olahraga memang menyehatkan tapi juga tidak baik jika dilakukan secara berlebihan, apalagi bagi Anda yang selama ini tidak rutin berolahraga. Pasalnya hal tersebut dapat membuat jantung bekerja berat, dan lama kelamaan karena over jantung bisa berhenti secara tiba-tiba.

Karena Stres

Jangan salah stres juga berbahaya bahkan dapat menyebabkan detak jantung terhenti. Hal tersebut karena saat stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol, yang manna hormon tersebut akan membuat otot-otot jantung melemah.

Karena Kecanduan Kopi

Kopi aman dikonsumsi selama tidak berlebihan dan menyebabkan kecanduan. Karena kecanduan kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Kondisi seperti itu akan sangat berisiko pada kesehatan jantung, bahkan bisa membuat jantung tiba-tiba berhenti berdetak.

Karena Kehamilan

Harus diakui kalau faktor yang terakhir ini sangat mengejutkan. Bahkan saya sendiri awalnya tidak percaya. Namun para pakar menjelaskan kalau saat hamil, setiap Ibu hamil akan mengalami kondisi yang namanya perubahan hormon. Hal tersebut memang wajar untuk membuat tubuh melakukan berbagai penyesuaian selama mengandung. Namun jika perubahan itu mengalami kesalahan atau guncangan, efeknya juga bisa menyebabkan jantung berhenti berdetak.

Karena itu sebaiknya waspadai setiap kebiasaan yang Anda lakukan, khusus untuk Ibu hamil rutin berkonsultasi dengan dokter kehamilan adalah langkah terbaik.

LEAVE A REPLY