Bagi yang punya masalah dengan berat badan seperti yang dialami teman saya Imran Syah Hafied (hehehe maaf ya bro gua sebutin) diet adalah salah satu hal yang bisa disebut paling diidamkan. Kenapa? karena jelas doi pengen berat badannya yang segede truk sampah (upps) bisa berkurang, ya minimal dari truk sampah ke truk gandeng (nah lho bukannya nambah kalau gitu ya?).

Intinya sih doi pengen banget supaya berat badannya turun, Cuma doi sempat ngeluh kalau doi udah ngelakuin banyak cara biar berat badannya turun. Mulai dari makan Cuma 2 kali sehari terus latihan basket sampe 4 kali seminggu. Normalnya sih dengan pola seperti itu sekarang berat badannya tinggal 70 sampai 80kg lah, sesuai dengan tinggi badannya yang sama-sama ekstra. Tapi entah kenapa berat badannya justru tetap stabil di angka 100kg ke atas. Heran kan? Saya juga heran sebenarnya.

penyebab-diet-gak-pernah-berhasil-oleh-segiempatWell apa yang dialami teman saya itu mungkin ikut dialami banyak orang, mungkin gak sih Anda juga mengalaminya? Pasti Anda juga penasaran kan? Kalau menurut pakar kesehatan, diet yang gak berhasil itu karena pola diet yang tidak tepat. Selain itu ada 3 penyebab lainnya yang membuat diet Anda gak pernah berhasil . Apa saja?

Kurang Tidur atau Insomnia

Mungkin bagi sebagian orang tidur adalah waktu yang sia-sia, namun sebenarnya bagi kesehatan tidur adalah waktu yang sangat penting untuk tubuh. Bukan Cuma untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas tapi juga banyak hal lainnya, termasuk masalah berat badan.

Hal tersebut karena tidur sebenarnya tidak Cuma penting bagi metabolisme tubuh tapi tidur juga berpengaruh terhadap sensitivitas insulin, yaitu sebuah hormon yang mengatur kadar glukosa dalam darah. Termasuk mengatur tingkat kelaparan.

Sering Stress

Diet yang baik untuk menurunkan berat badan sebenarnya tidak hanya membatasi asupan makanan. Misalnya dari 3 kali sehari jadi sekali sehari. Memang diet berarti membatasi makanan tapi jika tidak didukung dengan hal lain diet pun bakal sia-sia.

Selain pola makan tepat agar diet berhasil Anda juga sebaiknya menjalani pola hidup sehat, termasuk hidup senang dan bebas stres. Ya stres salah satu penyebab diet gagal, karena saat stres hormon tubuh akan mendorong kita untuk makan lebih banyak. Kalau begini pastinya berat badan gak bakal turun kan?

Tidak Melakukan Variasi Makanan

Diet sebenarnya bertujuan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap bekerja dengan optimal. Namun yang banyak dilakukan orang saat diet justru mengkonsumsi makanan yang sama setiap harinya. Padahal agar metabolisme tubuh tetap optimal dibutuhkan asupan nilai kalori yang berbeda-beda.

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari maka itu berarti Anda punya tingkat kalori yang sama setiap harinya, nah apakah ini akan membuat berat badan Anda turun? Tentu tidak. Untuk itu jika Anda ingin diet Anda berhasil sebaiknya tidak Cuma membatasi makanan tapi juga mengkonsumsi makanan yang bervariasi setiap harinya.

LEAVE A REPLY