Pastinya semua orang tahu jika kelebihan berat badan merupakan kondisi yang sangat tidak sehat. Gemuk karena kelebihan berat badan atau yang juga sering disebut obesitas merupakan kondisi tubuh yang sangat rentan dengan berbagai masalah kesehatan. Bahkan sejumlah pakar kesehatan menyebut jika obesitas adalah magnet penyakit.

Penyakit Kanker Bagi Orang Gemuk oleh SegiEmpatPenyakit kolesterol, diabetes, darah tinggi, penyakit jantung tidak terkecuali penyakit kanker adalah sejumlah penyakit yang bisa menyerang bagi orang gemuk. Bahkan khususnya kanker, lemak berlebihan yang ada di dalam tubuh justru merupakan “makanan” favorit bagi sel-sel kanker. Tidak hanya itu, menurut salah seorang pakar penyakit kanker orang gemuk punya risiko tinggi terjangkit 7 jenis penyakit kanker. Apa saja penyakit kanker bagi orang gemuk?

Kanker Hati

Hati punya peran penting karena hati berfungsi untuk menyaring semua racun yang masuk ke dalam tubuh. Bayangkan saja jika hati terkena penyakit kanker, mengerikan bukan? Tapi ternyata dari hasil penelitian orang gemuk sangat berisiko terjangkit kanker hati karena kelebihan lemak dapat memicu sirosis hati.

Kanker Tiroid

Selain kanker hati, orang yang kegemukan juga bisa terjangkit kanker tiroid. Risiko ini terjadi karena tingginya kadar lemak di dalam tubuh yang faktanya dapat mengganggu kerja hormon tiroid. Saat kerja hormon tiroid terganggu kondisi tersebut bisa berujung dengan kanker.

Kanker Payudara

Mendengar namanya saja sudah ngeri, apalagi bagi wanita. kanker payudara merupakan salah satu penyakit kanker yang banyak membunuh wanita dan ternyata kegemukan bisa meningkatkan risiko kanker payudara karena kegemukan dapat memicu multiplikasi sel-sel abnormal yang memicu kanker payudara.

Kanker Perut

Bagi perut bagi orang gemuk merupakan bagian yang paling banyak menumpuk lemak. Dari hasil penelitian hal tersebut ternyata sangat berisiko terhadap penyakit kanker perut. Lemak berlebih di perut akan memicu peradangan kronis dan berujung kanker.

Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih juga menjadi salah satu penyakit kanker yang sangat berisiko bagi orang gemuk, pasalnya kegemukan akan memicu penyakit batu empedu dan jika tidak ditangani dengan baik akan memicu kanker kandung kemih.

Kanker Pankreas

Lemak berlebih dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, salah satunya ketidakseimbangan produksi insulin pada pancreas, dan dari hasil penelitian hal tersebut dapat mengarah pada penyakit kanker pancreas.

Kanker Ovarium

Selain mengganggu produksi insulin, kegemukan juga akan memicu produksi estrogen secara berlebihan. Pada wanita hal tersebut bisa menyebabkan kanker ovarium akibat kelebihan estrogen.

Kelebihan berat badan dapat memicu berbagai jenis penyakit. Nah, untuk Anda yang termasuk orang gemuk sebaiknya perbaiki pola hidup Anda. Makan secara teratur dan sebisa mungkin berolahragalah dengan rutin agar tubuh Anda tidak jadi magnet penyakit.

LEAVE A REPLY