Karena sibuk atau karena terlalu lelah setelah seharian beraktivitas merupakan dua faktor yang paling sering membuat kita lebih memilih menggunakan mesin cuci ketimbang mencuci secara manual.

Memang penggunaan mesin cuci sangat membantu mempermudah pekerjaan kita, apalagi bagi Anda para Ibu rumah tangga yang sangat tersita dengan mengurus anak dan membersihkan rumah.

Pada dasarnya teknologi diciptakan memang untuk membantu aktivitas manusia, tapi faktanya teknologi tidak selalu benar-benar bermanfaat. Bahkan ternyata teknologi juga bisa memicu bahaya kesehatan salah satunya terhadap penggunaan mesin cuci. Hasil penelitian terbaru mengungkap jika mencuci dengan mesin cuci ternyata berbahaya, benarkah? Kenapa bisa berbahaya? Berikut ulasannya.

Mencuci dengan Mesin Cuci Berbahaya oleh SegiEmpatPenyebaran Bakteri

Banyak orang yang tidak sadar kalau mesin cuci ternyata bisa jadi tempat penyebaran bakteri. Hal tersebut karena kebanyakan orang justru tidak sadar kalau baju yang mereka kenakan sebenarnya mengandung banyak bakteri dan virus. Apalagi jika sedang sakit. Karena itulah saat memasukkan baju ke mesin cuci semua bakteri, kuman sampai virus yang menempel justru akan menjangkit pada pakaian lain.

Ada Beberap jenis Organisme yang Justru Bisa Bertahan Hidup di Dalam Mesin Cuci

Bakteri atai mikroorganisme lainnya ternyata banyak terdapat di dalam mesin cuci. Bahkan faktanya ada beberapa jenis mikroorganisme yang bisa menetap sampai berkembang biak di dalamnya. Hal ini tentu sangat berbahaya jika sudah menjangkit pada pakaian, karena dapat memicu gangguan pada kulit. Bahkan mungkin bisa lebih berbahaya lagi jika masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan atau pori-pori kulit.

Tips Agar Mencuci dengan Mesin Cuci Tidak Menyebabkan Bahaya Kesehatan

Nah, sudah tahu bahayanya bukan? Anda pastinya lantas bertanya bagaimana agar kita tidak terkena dampaknya?

Agar pemakaian mesin cuci tidak menyebabkan bahaya kesehatan pada tubuh, sebaiknya sebelum dimasukkan ke mesin cuci pisahkan terlebih dulu baju-baju yang ingin Anda cuci sesuai dengan tingkat kotornya. Pisahkan pula baju yang Anda gunakan atau anggota keluarga yang sedang sakit. Jangan langsung dicampur ke dalam mesin cuci. Hal ini bukan hanya agar mencegah bakteri, virus atau mikroorganisme lain menyebar tapi juga agar baju yang Anda cuci benar-benar bersih.

Selain itu sebaiknya Anda juga tidak mencuci pakaian dalam dengan mesin cuci. Jauh lebih baik jika Anda bisa mencuci secara manual pakaian dalam Anda. Hal ini bukan hanya untuk mencegah pakaian dalam Anda terpapar bakteri tapi juga untuk mencegah pakaian lain terjangkit bakteri. Karena faktanya pakaian dalam juga bisa jadi penyebar bakteri.

Anda juga sebaiknya menggunakan suhu yang tinggi saat mengeringkan pakaian. Memang mesin cuci modern sekarang ini sudah memiliki pengering sendiri, namun sebaiknya setelah dikeringkan secara otomatis Anda bisa tetap menjemurnya di bawah sinar matahari. Ini berguna untuk mematikan bakteri yang mungkin masih menempel di baju.

LEAVE A REPLY