Menjaga kebersihan dengan rutin membersihkan tubuh tentu adalah hal yang penting untuk kita lakukan. Apalagi faktanya meski kita rajin mandi ada banyak bagian tubuh yang dapat menjadi sarang bakteri. Dengan begitu secara tidak langsung kita pun jadi dapat menjaga kesehatan karena saat tubuh bersih bakteri, kuman ataupun virus jadi tidak mudah menyerang tubuh.

Anda mungkin sudah tahu kalau telinga termasuk bagian tubuh yang jadi sarang bakteri, karena itu Anda pun cukup peduli dengan kebersihan telinga Anda. Apalagi saat terasa gatal dan mungkin sedikit berair. Tapi bagaimana cara Anda membersihkan telinga? Apakah dengan cotton buds?

Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds oleh SegiEmpatJika ya sebaiknya Anda mulai menghentikan kebisaaan membersihkan telinga dengan cottun buds. Pasalnya dari hasil penelitian cotton buds bisa memicu efek berbahaya pada telinga dan pendengaran Anda. Benarkah? Apa bahaya membersihkan telinga dengan cotton buds?

Menurut para pakar kesehatan termasuk dokter spesialis telinga mengatakan kalau cotton buds yang umum kita pakai bisa membahayakan telinga Anda. Menurut mereka, telinga adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki kulit tipis, khususnya pada bagian pendengaran atau gendang telinga. Sedangkan kita tahu jika cotton buds meski terbuat dari bahan dasar kasa atau kapuk, tapi material cotton buds sangat keras.

Hal tersebutlah yang dapat membahakan telinga, karena jika bagian telinga dibersihkan dengan cotton buds khususnya jika Anda mendorongnya terlalu dalam dapat merobek bagian-bagian kulit yang tipis. Hal tersebut mungkin tidak akan langsung terasa karena umumnya saat membersihkan telinga dengan cotton buds Anda akan merasa geli yang nikmat. Bahkan seperti kata beberapa orang “kenikmatan kedua” selain seks. Tapi disaat cotton buds mengoyaknya apalagi bagian gendang telinga tentu akan memicu infeksi bahkan sangat mungkin membuat Anda jadi kehilangan pendengaran. Anda tidak mau itu mengalaminya bukan?

Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds oleh SegiEmpatSelain itu para pakar juga mengatakan kalau sebenarnya telinga kita justru membutuhkan ear wax atau kotoran telinga. Kotoran telinga yang sudah bercampur dengan bakteri dan mungkin memiliki aroma yang khas ternyata punya kandungan anti-bakterinya sendiri. Hal tersebut pun membuatnya dapat membantu menjaga kesehatan telinga dan mencegah gangguan seperti infeksi yang tentunya dapat memicu gangguan pendengaran.

Nah, Anda mungkin lantas bertanya “jadi kalau kita tidak boleh membersihkan telinga dengan cotton buds, bagaimana caranya supaya telinga selalu bersih?”. Menurut para pakar kesehatan telinga kita sebenarnya tidak perlu membersihkan telinga kita sendiri karena secara alami telinga punya mekanisme alami yang berfungsi untuk menjaganya selalu bersih. Mulai dari saat kita menguap, berbicara atau bahkan tersenyum semua otot-otot wajah akan mendorong kotoran telinga keluar dengan mudah.

“Sebenarnya telinga memiliki mekanisme tersendiri untuk menjaganya agar selalu bersih. Kebanyakan dari kita tidak tahu bahwa gerakan otot wajah yang secara rutin dilakukan membantu telinga untuk mengeluarkan ear wax secara alami. Bahkan ketika kamu menguap, berbicara, atau menggerakkan otot-otot wajah bisa membuat keluarnya ear wax dengan mudah,” kata seorang pakar dari penelitian yang dilansir dari boldsky.

LEAVE A REPLY