Dia adalah emas, itu adalah kalimat pepatah yang berarti ada kalanya kita lebih baik diam daripada bersuara lantang. Nah, ternyata diam tidak hanya bermanfaat untuk menyimpan sesuatu ataupun untuk menghindari sebuah hal. Karena menurut penelitian diam ternyata bermanfaat bagi tubuh.

Banyak diantara kita yang setiap hari berada ditengah kebisingan, entah itu suara manusia, kendaraan ataupun barang-barang elektronik. Tapi menurut sejumlah pakar kesehatan, ada kalanya tubuh butuh untuk tidak mendengar semua itu termasuk suara diri kita sendiri. Lantas apa manfaatnya bagi tubuh? Berikut 5 manfaat diam bagi tubuh.

Manfaat Diam Bagi Tubuh oleh SegiEmpatDiam Akan Membuat Sel-Sel Otak Beregenerasi

Mungkin selama ini kita sudah sering mendengar dengan istilah meditasi. Dimana kita tidak banyak beraktivitas dan tidak berbicara sama sekali. Tapi tahukah Anda apa manfaatnya? Meditasi faktanya tidak sekedar membantu menenangkan tubuh tapi juga membantu meregenerasi sel-sel otak. Hal ini tentunya bermanfaat pada tubuh khususnya dalam meningkatkan kemampuan mengingat dan mencerna segala bentuk informasi yang kita terima.

Diam Membantu Meningkatkan Kesadaran

Menurut salah seorang pakar, jika Anda beberapa hari ini sering kebingungan dengan semua jadwal yang padat Anda disarankan untuk puasa bicara. Diam ternyata sangat membantu untuk meningkatkan kesadaran diri, karena saat diam otak kita secara alami akan meningkatkan konsentrasi dan kefokusan. Tidak percaya? Coba biasakan untuk puasa bicara selama beberapa menit dan Anda akan merasakan langsung manfaatnya.

Diam Membantu Mengatasi Insomnia

Banyak orang mengeluh dengan masalah insomnia yang dialaminya. Bahkan mereka sampai mengeluh kalau itu tidak bisa mereka atasi. Sayangnya mereka sendiri tidak sadar kalau penyebab insomnia itu adalah kebiasaannya. Kebiasaan nonton sampai tengah malam atau bahkan telponan dengan si dia sampai subuh. Nah, jika Anda ingin mengatasinya maka Anda bisa coba untuk puasa bicara. Saat Anda diam tubuh Anda akan mengatasi kelelahan, depresi dan juga masalah insomnia Anda.

Diam Membantu Menghilangkan Stres

Dari hasil penelitian stres terjadi karena beban pikiran. Nah, tahukah Anda kalau otak kita terbebani disaat kita terlalu banyak mendengar dan menerima informasi? Semua suara yang Anda dengar ataupun suara yang Anda keluarkan itu akan diproses oleh saraf otak lalu akan memunculkan berbagai bentuk reaksi. Hal tersebutlah yang dapat memicu stres. Jadi jika Anda ingin mengatasinya maka Anda bisa berhenti bicara dan berhenti mendengar semua suara, dengan begitu saraf pun tidak akan memprosesnya dan tidak akan memunculkan reaksi yang ada hanya relaksasi. Ini tentu sangat membantu menurunkan stres.

Diam Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Selain tiga manfaat tersebut, diam atau puasa bicara juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Jangan salah bicara juga butuh energi, semakin sering Anda bicara maka semakin banyak energi yang Anda butuhkan dan karena itu tekanan darah pun meningkat. Apalagi kalau Anda sendiri punya riwayat penyakit hipertensi.

LEAVE A REPLY