Di Indonesia nasi putih sudah menjadi menu makanan utama, bahkan ada kalanya saat makan tanpa nasi putih kita merasa seperti tidak makan. Nasi putih selalu berhasil membuat kita merasa kenyang dan untuk itu kadang tanpa nasi putih kita seperti merasa tidak kenyang.

Makan Nasi Putih Tidak Selamanya Berbahaya oleh SegiEmpatSayangnya meski sudah jadi bagian dari sebagian besar kalangan masyarakat tanah air, makan nasi putih selalu disebut sebagai kebiasaan makan yang berbahaya. Apalagi sejak fakta mengungkap kalau nasi putih dapat menyebabkan diabetes dan obesitas. Hal tersebut karena nasi putih punya kandungan gula yang tidak terlihat, sehingga jika mengkonsumsinya kadar gula darah akan naik secara drastis.

Menurut hasil penelitian nasi putih memang bisa berbahaya karena dapat memicu diabetes dan obesitas. Hanya saja hasil penelitian tersebut mengungkap bahaya nasi putih jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebaliknya jika nasi putih dikonsumsi secara wajar faktanya nasi putih justru memberikan manfaat yang sehat. Jadi dapat disimpulkan jika makan nasi putih tidak selamanya berbahaya, lantas apa manfaatnya pada tubuh jika mengkonsumsi nasi putih?

Mencegah Penyakit Kanker

Sebenarnya bukan hanya nasi merah saja yang mengandung serat tinggi yang mudah larut dan dapat mencegah penyakit kanker. Nasi putih yang biasa kita konsumsi juga punya kandungan serat yang sama, bahkan sebenarnya nasi putih juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat membuat tubuh menghilangkan semua radikal bebas penyebab kanker. Karena itu makan nasi putih adalah salah satu cara sehat yang dapat mencegah penyakit kanker.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Nasi putih juga mengandung nutrisi penting untuk tubuh, bahkan nutrisi tersebut berfungsi untuk membantu mengaktifkan neurotransmitter pada otak yang bermanfaat terhadap pencegahan penyakit Alzheimer.

Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya dimakan saat nasi putih dimanfaatkan pada bagian eksternal tubuh seperti kulit, nasi putih yang mengandung senyawa fenolik yang merupakan senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Senyawa tersebut dapat membantu tubuh mengurangi masalah iritasi dan mencegah penuaan dini.

Mencegah Penyakit Hipertensi

Nasi memang punya kandungan gula di dalamnya, tapi nasi sebenarnya rendah akan kandungan sodim. Karena itu makan nasi juga bermanfaat utnuk membantu tubuh terhindar dari penyakit tekanan darah, yang mana tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa membuat jantung mengalami masalah.

Sumber Energi

Nasi tinggi akan karbohidrat sehingga saat masuk ke dalam tubuh kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya dapat menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

Menghindarkan Tubuh dari Penyakit Kolesterol

Berbeda dengan menu lainnya, nasi sebenarnya tidak mengandung lemak berbahaya di dalamnya meski memang mengandung gula. Karena itu mengkonsumsi nasi tidak akan membuat tubuh mengalami masalah kolesterol.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat nasi putih? Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya. Hanya saja harus Anda ingat meski baik dan punya manfaat nasi putih tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

LEAVE A REPLY