Obesitas bagi sebagian kalangan mungkin menjadi satu kata yang paling ditakuti, apalagi mengingat efeknya yang dapat terjadi pada tubuh jika mengalaminya. Obesitas atau kegemukan memang merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu sejumlah penyakit, termasuk penyakit serius. Mulai dari kolesterol, darah tinggi, diabetes sampai penyakit jantung. Jadi sepertinya wajar memang kalau obesitas sangat ditakuti. Anda pun pasti tidak mau mengalaminya bukan?

Selain menjalani pola hidup sehat agar dapat terhindar dari obesitas, para pakar kesehatan juga menyarankan Anda untuk rutin mengkonsumsi apel setiap hari. Benarkah makan apel setiap hari ampuh cegah obesitas? Jujur sih saya juga baru mendengarnya.

Tapi kalau menurut kesehatan makan apel setiap hari sebenarnya sudah digalakkan sejak lama. Bahkan ada pepatah lama di dunia kedokteran yang bilang “an apple a day keeps the doctor away” yang kalau diartikan kira-kira “satu apel setiap hari akan menjauhkan Anda dari dokter”. Makin bingung kan? Maksudnya rutin makan apel setiap hari akan membuat tubuh Anda jadi sehat, sehingga Anda pun tidak harus bolak-balik ke dokter.

Menurut hasil penelitian dalam jurnal ilmiah food chemistery (makanan juga punya chemistry lho) yang dilakukan oleh sejumlah pakar dari Washington State University, menemukan sebut kandungan di dalam apel yang dapat mencegah kegemukan. Yang diperkuat oleh Giuliana Noratto seorang ahli makanan.

Makan Apel Setiap Hari Ampuh Cegah Obesitas oleh SegiEmpat“Kita tahu bahwa apel adalah sumber yang baik untuk berbagai macam nutrisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apel juga bisa membantu melawan obesitas” kata Giuliana Noratto.

Hanya saja apel yang diteliti adalah apel jenis granny smith, atau jenis apel hijau yang memang terkenal sangat menyehatkan. Dalam penelitiannya para pakar menemukan jika di dalam apel tersebut terkandung sebuat zat yang sangat bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Zat tersebut diperoleh dari serat alami dan juga polifenol yang sifatnya tidak mudah terurai. Karena itu zat khusus tersebut sangat membantu dalam perkembangbiakan bakteri baik. Semakin banyak bakteri baik yang hidup di usus maka hal tersebut dapat bermanfaat untuk mencegah peradangan. Dari hasil penelitian peradangan ternyata merupakan salah satu penyebab obesitas.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan dengan terhindarnya Anda dari peradangan karena pertumbuhan bakteri baik yang meningkat, itu berarti Anda juga dapat terhindar dari masalah obesitas.

Lebih lanjut para pakar menjelaskan kalau sebenarnya kandungan tersebut juga terdapat pada apel jenis lain seperti apel fuji. Hanya saja kandungannya tidak sebanyak apel granny smith. Nah tunggu apa lagi? Sediakan apel di rumah agar dapat Anda konsumsi setiap hari. Tapi ingat makan apel saja tanpa didukung dengan olahraga tentu hasilnya juga percuma. Kadang sih ada yang ngeluh “saya sudah setiap hari makan apel tapi kok badan saya tetap gemuk? “ iya lah percuma makan apel setiap hari kalau sebelum makan apel makannya kayak kuli.

Jadi jika Anda ingin mencegah obesitas, rutin makan apel setiap hari dan jalani pola hidup sehat.

LEAVE A REPLY