Kentut, semua orang saat mendengarnya disebut mungkin langsung akan mengerutkan dahinya. Kenapa? Karena kentut memang identik dengan “aroma semerbak” yang cukup untuk membuat orang-orang kabur.

Tapi faktanya kentut adalah salah satu bagian alami pada setiap orang yang tidak bisa dihindari. Bahkan seseksi dan secantik apapun artis dia pasti pernah kentut, Anda juga bukan?

Siapa sangka kentut yang berbentuk gas tersebut justru punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda boleh saja tidak percaya kalau kentut bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun menurut para pakar kesehatan kentut mengandung hidrogen sulfida yang punya manfaat spesial bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Kentut Bermanfaat Bagi Kesehatan oleh SegiEmpatBermanfaat untuk Mencegah Kanker

Anda mungkin sangat terkejut dengan hal ini, namun para peneliti dari Exeter University membenarkah kalau kentut dapat mencegah kanker. Pasalnya dalam penelitian mereka kandungan hydrogen sulfida dari bakteri dalam pencernaan yang ada di dalam gas kentut dapat membantu melindungi sel-sel tubuh. Bahkan penelitian terbaru mengatakan kalau kandungan tersebut akan membantu tubuh dalam mencegah kerusakan mitokondria. Dimana kerusakan mitokondria tersebut merupakan pemicu penyakit stroke, diabetes, arthritis, dementia dan gagal jantung.

Hanya saja para pakar peneliti juga mengatakan kalau manfaat tersebut hanya didapat jika kita menghirup bau kentut hanya sedikit. Jika berlebihan atau dalam jumlah yang besar kentut juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Mencegah Gangguan di Pencernaan dan Usus Besar

Kentut merupakan gas yang dihasilkan dari pencernaan, gas tersebut merupakan proses alami dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi pada pencernaan. Dengan “membuangnya” itu berarti kita sudah membantu menjaga kesehatan pencernaan dan usus besar. Tidak percaya? Dari hasil penelitian orang yang kebiasaan menahan kentut justru akan mengalami masalah pada pencernaanya. Karena gas yang seharusnya dibuang tersebut justru akan kembali ke atas, sehingga dapat menyebabkan penumpukan gas di dalam tubuh yang memicu gangguan pada usus besar dan pencernaan kita.

Bermanfaat untuk Memperbaiki Suasana Hati

Ternyata kentut juga bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati. Hal tersebut karena saat “melepasnya” kita merasa lebih lega dan nyaman sehingga dapat membuat hati jadi lebih tenang. Hanya saja hal ini masih membutuhkan penelitian yang lebih dalam lagi.

Menghilangkan Kembung

Selain gangguan pencernaan dan usus besar, gas yang menumpuk di dalam tubuh karena sering menahan kentut juga dapat menyebabkan perut jadi kembung. Hal ini mungkin sepele tapi sangat tidak nyaman. Berbeda saat kentut semua gas tersebut akan keluar dan membuat Anda jadi lebih nyaman.

Mendeteksi Penyakit

Semua orang ingin sehat, tapi faktanya kebanyakan orang justru tidak dapat mendeteksi penyakitnya sendiri. Hal ini tentu sangat merugikan kita sendiri karena pada beberapa penyakit khususnya kanker pendeteksian sejak dini adalah langkah terbaik untuk mengobatinya.

Nah, kentut juga bermanfaat untuk itu. Karena faktanya aroma yang keluar saat kentut dapat menggambarkan kondisi tubuh kita.

Itulah manfaat pada kesehatan tubuh yang diberikan oleh kentut. Tapi ingat itu bukan berarti Anda boleh kentut di sembarang tempat, apalagi sampai kentut di muka orang!

LEAVE A REPLY