Mematikan dan susah disembuhkan apalagi kalau sudah parah, seperti itulah hal yang menggambarkan tentang penyakit kanker tak heran kanker pun menjadi penyakit yang paling mengerikan.

Tapi siapa sangka, meski gagasan gaya hidup sehat mulai dilakukan, disadari atau tidak penyakit mengerikan ini justru setiap tahunnya semakin banyak menjangkit manusia. Penderita penyakit kanker terus mengalami peningkatan bahkan tercatat setiap hari setidaknya ada 1 orang yang terjangkit kanker. Penyebabnya tidak lain karena kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari makanan yang dikonsumsi tidak sehat, malas berolahraga hingga kebiasaan merokok ataupun mengkonsumsi minuman beralkohol.

Bahkan seperti yang dilansir dari salah satu media kesehatan dunia, masih ada beberapa kebiasaan lain yang ternyata juga bisa memicu kanker. Apa saja? Berikut 4 kebiasaan yang memicu kanker, Anda wajib tahu tentunya.

Kebiasaan yang Memicu Kanker oleh SegiEmpat

Kosmetik merupakan “perlengkapann” yang begitu melekat bagi kaum wanita. Namun dari hasil penelitian ternyata kebiasaan menggunakan kosmetik juga merupakan kebiasaan yang dapat memicu penyakit kanker.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar kosmetik mengandung bahan kimia, yang mana bahan kimia adalah salah satu faktor penyebab munculnya sel-sel kanker dalam tubuh khususnya jika kosmetik tersebut mengandung logam berat yang dapat diserap kulit.

Menurut para pakar, proses tanning yang menggunakan krim serta gel untuk manikur dapat meningkatkan risiko kanker karena menggunakan bahan kimia.

Penggunaan Sunblock yang Salah

Penggunaan sunblock yang salah juga ternyata bisa memicu kanker. Sayangnya banyak orang yang entah karena lupa atau kebiasaan lupa justru tidak menggunakan sunblock sesuai anjuran.

Sunblock intinya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan, sebagaimana kita tahu paparan sinar matahari berlebihan bisa menyebabkan kanker kulit. Tapi pakar kesehatan menyarankan agar sunblock digunakan setidaknya 2 jam sekali jika Anda berada di luar rumah untuk waktu yang lama. Tapi seperti kita ketahui kebanyakan orang justru lalai akan hal tersebut.

Douching

Dounching merupakan sebuah metode yang banyak dilakukan wanita untuk membersihkan alat kelaminnya yaitu dengan menggunakan cairan dari campuran cuka dan air. Sayangnya kebiasaan ini justru membawa risiko pada penyakit kanker. Hasil penelitian menemukan fakta jika wanita yang sering melakukan dounching justru berisiko terjangkit kanker ovarium 2 kali lebih besar.

Penggunaan Bedak Bayi pada Alat Kelamin

Secara alami vagina sebenarnya dapat membersihkan dirinya sendiri, tapi kadang ada sejumlah wanita yang menggunakan bahan-bahan tertentu untuk merawat alat kelaminnya. Selain dengan metode dounching, beberapa wanita juga biasa menggunakan bedak bayi pada alat kelaminnya padahal kebiasaan ini justru bisa memicu penyakit kanker ovarium.

Nah, itulah beberapa kebiasaan umum yang ternyata dapat memicu kanker. Untuk itu disarankan agar Anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat dan mengurangi atau bahkan berhenti melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut agar dapat menekan risiko penyakit kanker.

LEAVE A REPLY