Ramadhan telah tiba, seluruh umat Islam di penjuru dunia kini sedang menjalankan puasa selama sebulan penuh. Uniknya sebagian dari masyarakat kita menjalani ibadah puasa dengan berbagai cara, ada yang menghabiskan sebagian waktunya dengan tidur ada pula yang minum banyak air putih saat sahut, tujuannya jelas supaya seharian penuh dapat menahan rasa haus.

Apakah Anda juga seperti itu saat berpuasa? Puasa bukan sekedar ibadah tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Hanya saja faktanya beberapa kebiasaan seperti itu justru membuat puasa kita jadi tidak sehat.

Pastinya Anda harus tahu, nah berikut kebiasaan saat puasa yang buruk untuk kesehatan.

Kebiasaan saat Puasa yang Buruk untuk Kesehatan oleh SegiEmpatMakan Makanan Manis Secara Berlebihan saat Buka Puasa

Ada pepatah yang mengakatakan “berbukalah dengan yang manis” kata iklan teh botol sih yang isinya justru bukan dibotol. Makan makanan manis saat berbuka memang wajar karena sekaligus dapat membantu mengembalikan energi tubuh yang hilang seharian.

Hanya saja bukan berarti itu bisa dikonsumsi secara berlebihan, karena ini juga buruk untuk kesehatan Anda. Meski memang ada kalanya berbuka dengan minuman manis apalagi dingin itu susah untuk ditolak. Lonjakan gula dapat mengancam Anda dengan penyakit diabetes, lagi pula gula berlebih dapat membuat Anda jadi mengantuk.

Minum Air Berlebihan saat Sahur

Karena tidak mau kehausan saat puasa, banyak orang yang “pokoknya harus banyak minum waktu sahur”. Cairan tubuh memang penting hanya saja puasa sehari penuh tidak akan membuat Anda jadi dehidrasi. Apalagi nyatanya terlalu banyak minum saat sahur justru buruk untuk kesehatan.

Tidak percaya? Coba perhatikan setelah sahur karena kebanyakan minum Anda justru jadi sering buang air kecil, alhasil kebiasaan ini justru akan membuat Anda jadi lebih cepat haus. Sebaiknya ubah kebiasaan seperti ini, Anda bisa minum banyak air diantara waktu berbuka sampai sahur.

Makan Terlalu Cepat saat Berbuka

Ada sih orang yang, entah karena gak sahur atau karena sudah terlalu lapar, waktu buka dia makan sudah seperti orang yang tidak makan seminggu. Bukan Cuma makan banyak tapi juga sangat cepat.

Kebiasaan seperti ini, diakui atau tidak terjadi pada banyak orang. Hanya saja harus Anda ingat makan terlalu cepat buruk untuk kesehatan pencernaan Anda.

Makan Makanan Asin saat Sahur

Sebenarnya saat sahur Anda juga tidak harus banyak makan, makan secukupnya yang penting Anda memperhatikan menu makanan yang Anda konsumsi. Penting agar mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang dan hindari mengkonsumsi makanan asin. Bukan apa-apa sih makanan asin justru dapat membuat Anda jadi gampang haus saat puasa.

Olahraga setelah Buka Puasa

Banyak orang yang masih menjalani rutinitasnya berolahraga saat puasa, bedanya jam olahraganya berganti. Jika tadinya setiap sore jam 4 maka selama puasa jam olahraganya berganti setelah buka puasa.

Kebiasaan seperti ini juga tidak tepat karena dapat membahayakan pencernaan. Jika Anda ingin berolahraga sebaiknya lakukan sebelum berbuka atau dua jam setelah buka puasa. Ini penting agar tubuh dapat mencerna makanan dengan baik.

LEAVE A REPLY