Tak banyak yang menyadari kalau sekarang ini angka susah hamil semakin meningkat. Sebuah survei yang dilakukan baru-baru ini oleh salah satu tim peneliti internasional, menemukan fakta bahwa jaman dalam rentan 10 sampai 20 tahun belakangan ini tingkat pasangan yang susah mendapatkan kehamilan meningkat pesat.

Dari hasil penelitian hal tersebut ternyata dikarenakan faktor gaya hidup yang tidak sehat. Bukan hanya karena pengaruh makanan ataupun kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol, tapi juga karena kebiasaan sehari-hari yang sama sekali tidak disadari dapat jadi penghambat kehamilan.

Nah, untuk itu untuk Anda para wanita yang masih single atau Anda yang sebentar lagi akan menikah, sebaiknya mulai sekarang stop! 4 kebiasaan penyebab susah hamil berikut ini.

Kebiasaan Penyabab Susah Hamil oleh SegiEmpatBermain Smartphone sampai Larut Malam

Jaman sekarang smartphone memang sudah seperti asisten pribadi 24 jam tanpa henti, bahkan sampai di rumah sekalipun smartphone selalu melekat dengan kita. Nah, ladies yang punya kebiasaan seperti ini sebaiknya waspada ya. Karena ternyatakebiasaan bermain smartphone sampai larut malam bisa membuat Anda susah hamil.

Pasti bingung kana, apa kaitannya? Dari penelitian di Jepang, paparan cahaya smartphone pada tubuh Anda di malam hari dapat mempengaruhi tingkat kesuburan Anda. Ladies pastinya tahu kan masalah kesuburan sangat menentukan kehamilan.

Nonton TV sampai Larut Malam

Bukan rahasia lagi, kalau lagi nonton film kesukaan para wanita rela menghabiskan banyak waktu. Paling sering sih kalau lagi nonton drama Korea, saking terbiusnya dengan dramanya selalu sulit untuk tidak menontonnya. Apalagi kalau ending satu episode bikin penasaran.

Tidak mudah bukan? tapi sebaiknya Anda mulai menghentikan kebiasaan ini. Dari hasil penelitian kebiasaan nonton TV sampai larut malam dapat menyebabkan infertilitas yang bikin susah hamil.

Terlalu Sering dan Terlalu Banyak Menggunakan Lampu

Paparan cahaya buatan pada tubuh ternyata sangat berpengaruh buruk pada kesehatan dan fungsi organ kesuburan wanita. Dalam penelitian ditemukan fakta kalau cahaya buatan bisa merusak ritme alami tubuh yaitu ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian tubuh adalah proses biologis tubuh yang terus berulang selama 24 jam. Saat ritme tersebut mengalami gangguan maka tubuh akan mengalami banyak gangguan termasuk pada kesuburan.

Terlalu Sering Begadang

Saya tiba-tiba teringat dengan komentar seorang teman wanita saya, dia mengalami masalah insomnia dan alhasil saat dikantor dia selalu mengantuk sejadi-jadinya. Mungkin ada banyak wanita yang mengalami itu, tapi saya sarankan Anda bisa berusaha untuk mengatasinya. Masalah insomnia bahkan punya efek yang lebih buruk dibandingkan begadang, bukan Cuma merusak ritme sirkadian tubuh tapi juga dapat membuat melatonin tubuh tidak disekresikan. Yang perlu Anda tahu melatonin adalah hal yang sangat mempengaruhi hormon reproduksi Anda.

Jadi jangankan insomnia, kebiasaan begadang yang sama sekali tidak penting seperti halnya nonton drama korea sampai tengah malam sebaiknya dihentikan.

LEAVE A REPLY