Setiap bagian tubuh kita itu punya peran yang penting, termasuk kuku. Ya bagian tubuh ini tidak hanya penting disaat kita ingin membuka pembungkus camilan atau untuk mengisi waktu dikala lagi bete. Hayoo deh ngaku siapa yang suka gigit-gigit kuku kalau lagi nunggu dijemput?

Kuku pastinya bukan sekedar pemanis tangan, atau untuk dijadikan sebagai spot khusus untuk tampil lebih menarik dengan memberikan warna pada kuku. Sayangnya diakui atau tidak, kita selama ini justru cenderung kurang memperhatikan kesehatan kuku. Paling banter sih biasanya Cuma dipotong seminggu sekali, itu pun kalau udah kepanjangan plus udah menghitam di ujung-ujungnya yaiks.

Jenis Penyakit Serius pada Kuku oleh SegiEmpatPadahal faktanya kuku bisa terjangkit penyakit. Jangan salah penyakit pada kuku pun bukan sekedar infeksi jamur atau onikomikosis yang membuat warna kuku berubah, atau yang paling sering cantengan yang mengeluarkan aroma tak sedap tapi tetap dicium juga hehehe (pasti ada yang kayak gitu kan). Karena ada 5 jenis penyakit yang dapat menjangkit pada kuku, bahkan menurut pakar kesehatan penyakit tersebut tergolong serius. Apa saja? Berikut 5 jenis penyakit serius pada kuku.

Penyakit Sindrom Kuku Kuning

Penyakit ini umumnya akan membuat kuku jadi berwarna kekuningan, namun ini bukan berarti Anda menderita penyakit kuning. Gejala utamanya adalah kuku jadi lebih tebal dan tidak tumbuh secepat biasanya, untuk kasus tertentu sindrom penyakit ini dapat membuat kuku lepas dari jari. Sindrom kuku kuning umumnya disebabkan karena gangguan ganas dari dalam tubuh, seperti sinusitis, bronkitis kronis, limpedema, rheumatoid arthritis dan beberapa penyakit lainnya.

Penyakit Koilonikia

Penyakit ini menyebabkan kuku jadi melengkung keluar, kalau kata pakar bentuknya seperti sendok. Penyakit koilonikia ini terjadi karena tubuh mengalami beberapa penyakit berbahaya seperti lupus, anemia, hipotiroidisme atau gangguan pada jantung.

Penyakit Kuku Terry

Penyakit ini jelas bukan karena Cut Terry terkenal sampe ke luar negeri karena skadal ranjangnya (eh bener kan Cut Terry? Cut Tari? Udah ganti ya?). Penyakit kuku Terry ini umumnya ditandai dengan ujung kuku yang berubah jadi gelap. Normalnya perubahan pada kuku seperti itu disebabkan karena penuaan, tapi menurut para pakar selain karena penuaan ada penyakit diabetes, penyakit jantung dan gangguan hati juga bisa menyebabkan kuku terry.

Penyakit Clubbing Fingers

Jangan salah penyakit ini bukan karena jari Anda kebanyakan diangkat ke atas waktu clubbing, tapi karena adanya gangguan kardiovaskular. Seperti gangguan hati, gangguan paru-paru, peradangan usus atau AIDS. Clubbing fingers adalah penyakit yang membuat kuku jadi mengeras dan membulat pada bagian ujung jari.

Garis Mees

Garis mess ditandai dengan adanya garis putih yang melintang pada kuku. Jika Anda mengalaminya itu berarti Anda keracunan arsenik.

Nah, berbahaya bukan? jadi jangan disepelekan ya. Agar Anda tidak terjangkit 5 jenis penyakit di atas, sebaiknya hilangkan kebiasaan menggigit kuku, kalau memang lagi bete ya cari kegiatan lain. Potong kuku Anda dengan teratur sehabis mandi agar memudahkan pemotongan, karena sehabis mandi kuku lebih lunak.

LEAVE A REPLY