Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan karena dapat membantu menyehatkan tubuh. Tapi meski begitu tidak jarang olahraga justru menjadi kegiatan yang cukup memalaskan. Banyak orang yang merasa kalau olahraga adalah kegiatan yang melelahkan karena itu kadang kita jadi malas untuk melakukannya.

Efek pada Tubuh saat Berhenti Berolahraga oleh SegiEmpatPernahkah Anda terpikirkan apa yang akan terjadi pada tubuh saat Anda berhenti berolahraga?

Dari hasil penelitian berhenti berolahraga tidak hanya akan membuat tubuh Anda kelebihan berat badan, tapi efek pada tubuh saat berhenti berolahraga justru sangat mengerikan. Apa saja yang akan terjadi pada tubuh Anda?

Kinerja Otak Menurun

Beberapa hari sejak Anda berhenti berolahraga mungkin memang efeknya masih akan terasa, seperti mengangkat beban yang dapat membakar lemak sampai berhari-hari. Tapi setelah 2 minggu efek mengerikannya mulai terjadi.

Setelah Anda berhenti berolahraga secara perlahan bentuk dan kondisi tubuh akan mulau terpengaruh, tidak hanya itu bagian otak pun akan ikut terpengaruh. Salah satu efek yang paling sering terjadi pada otak setelah berhenti berolahraga adalah kinerja otak menurun hingga akhirnya tidak lagi bisa bekerja secara normal.

Tekanan Darah Melonjak Drastis

Tekanan darah juga akan ikut mengalami efek negatif setelah Anda berhenti berolahraga. Pergerakan pembuluh darah juga akan melambat, tidak hanya itu setelah 3 minggu bagian vena dan arteri jadi kaku. Hal ini pastinya dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah di dalam tubuh Anda.

Tekanan darah memang akan kembali menurun dan kembali normal sesuai batas minimal yang dibutuhkan tubuh. Tapi hal tersebut akan membuat jantung memompa darah dengan tidak normal dan menyebabkan efek mengerikan pada tubuh.

Kadar Gula di Dalam Tubuh Meningkat

Kadar glukosa di dalam tubuh juga akan ikut meningkat setelah Anda berhenti berolahraga. 2 sampai 3 minggu setelah Anda berolahraga kadar gula di dalam tubuh mungkin masih akan tetap stabil. Tapi setelah itu kadarnya akan naik, jika Anda tidak berolahraga atau melakukan aktivitas apapun kadar gula di dalam tubuh Anda yang terus meningkat akan membuat Anda berisiko mengalami diabetes, gangguan tiroid dan masalah jantung.

Perut jadi “Seksi”

Jangan salah pertu jadi seksi bukan berarti perut Anda jadi rata seperti impian Anda. melainkan perut Anda justru jadi membesar dan membuncit karena lemaka yang semakin menumpuk. Hal ini biasanya akan terjadi setelah Anda berhenti berolahraga selama 2 minggu. Penumpukan lemak terjadi karena proses tubuh melambat dan tidak adanya aktivitas yang dapat membakar lemak. Alhasil perut jauh dari kata seksi yang sebenarnya. Hal tersebut bahkan terus terjadi setelah Anda kembali memutuskan berolahraga, butuh waktu yang sangat lama untuk melunturkan semua lemak di perut.

Mau berhenti berolahraga? Sebaiknya pikir-pikir dulu deh efeknya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY