Buah dan sayuran adalah dua jenis makanan yang selalu dianjurkan. Karena buah dan sayuran memiliki kandungan penting untuk kesehatan fungsi tubuh. Namun faktanya kebanyakan orang tidak cuma malas makan buah dan sayur tapi juga mengkonsumsinya dengan cara yang kurang tepat seperti mengupas kulitnya.

Memang pada beberapa jenis buah dan sayur kulitnya harus dibuang karena tidak mungkin dikonsumsi, sebut saja rambutan atau durian. Tidak mungkin kan memakannya? Tapi beberapa jenis buah lainnya justru dianjurkan agar dimakan dengan kulitnya. Kenapa? Karena kulitnya punya kandungan yang tidak kalah dengan dagingnya. Mulai dari vitamin, mineral dan anti-oksidan yang baik untuk mencegah penyakit termasuk kanker.

Buah dan Sayur yang Sebaiknya Tidak Dibuang Kulitnya oleh SegiEmpatNah, ketimbang Anda membuang manfaatnya sebaiknya ketahui 6 jenis buah dan sayur yang sebaiknya tidak dibuang kulitnya. Apa saja?

Wortel

Dimakan langsung atau dicampurkan ke dalam menu sayuran wortel tetap bermanfaat. Sayangnya karena tumbuhnya di dalam tanah maka untuk membersihkan wortel kulitnya harus dikupas dan dibuang. Kebiasaan ini ternyata sudah banyak membuang kandungan penting yang bersifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi dan dapat membunuh pertumbuhan sel-sel kanker yaitu polyacetylen.

Karena itu sebaiknya Anda tidak membuang kulitnya, Anda bisa menyikatnya sampai bersih atau saat mengupas kulitnya jangan mengupasnya terlalu tebal cukup kupas dengan tips saja.

Terong

Berdasarkan jurnal U.S National Library of Medicine and National Institute of Healt, kulit terong memiliki kandungan bernama nasunin. Kandungan tersebut sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Untuk itu saat mengkonsumsinya sebaiknya kulit terong jangan dibuang. Cukup dicuci dengan bersih lalu dimasak sebagai santapan.

Timun

Anda mungkin salah satu orang yang selalu mengupas kulit timun sebelum dikonsumsi. Tenang Anda tidak sendirian karena memang umumnya banyak orang yang melakukan itu. Tapi karena Anda tahu kalau timun adalah salah satu sayuran yang sebaiknya tidak dibuang kulitnya maka Anda sebaiknya tidak melakukannya. Karena kulit timun kaya akan kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan K. Sayang kan kalau semua kandungan bermanfaat tersebut kita buang percuma?

Kentang

Sama seperti timun, kentang juga termasuk sayuran yang sering dibuang kulitnya. Padahal faktanya berdasarkan penelitian dari University of Maine menyebut kalau kulit kentang punya banyak kandungan penting. Mulai dari serat, zat besi, asam folat bahkan sampai antioksidan yang 10 kali lebih banyak dari dagingnya.

Apel

Kulit bauh apel juga sebaiknya jangan Anda buang, karena kulit apel punya kandungan vitamin C dan serat yang penting untuk menurunkan kolesterol dan gula darah. Jika Anda mengupas dan membuang kulitnya itu sama saja dengan membuang semua manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Anggur

Kalau buah yang satu ini pastinya sudah Anda tahu bukan? Anggur memang umumnya dikonsumsi dengan kulitnya. Tidak perlu takut yang penting sudah Anda cuci dengan bersih maka saat memakannya itu berarti sama dengan menyuplai resveratrol fitokimia yang merupakan senyawa penting untuk jantung dan otak.

Dilihat dari banyaknya kandungan di kulit buah dan sayuran di atas, tentu sangat disayangkan jika kita membuangnya.

LEAVE A REPLY