Untuk masalah berat badan, kebanyakan orang maunya yang instan. Wajar sih sebenarnya karena memang berat badan yang berlebihan cukup mengganggu penampilan. Apalagi dimata para wanita. Jadi tidak heran kalau jaman sekarang banyak orang yang melakukan berbagai cara agar berat badannya menurun, apalagi kalau itu bisa cepat.

Mungkinkah Anda hari ini begitu senang setelah melihat timbangan, dimana angka berat badan Anda tidak seperti sebelumnya? Bukannya bertambah ya tapi menurun tentunya.

Berat Badan Menurun oleh SegiEmpatJika ya mungkin Anda sebaiknya tidak terlalu senang dulu, karena ternyata penurunan berat badan juga bisa jadi tanda awal kemunculan penyakit. Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah pakar, seperti yang dilansir dari boldsky.com. Menurut mereka, sebenarnya kita akan mengalami fluktasi berat badan, alias berat badan yang naik turun tanpa kondisi yang menetap. Hanya saja jika selama 6 bulan belakangan ini Anda mengalami penurunan berat badan setidaknya 5 persen dari totoal berat badan Anda selama itu bisa saja hal tersebut sebenarnya merupakan tanda adanya penyakit.

Setidaknya ada 5 penyakit yang umumnya membuat berat badan menurun, apa saja?

Penyakit Kanker

Dari beberapa kasus, banyak orang yang tidak sadar saat tubuhnya mulai digerogoti sel-sel kanker sehingga jadi sulit disembuhkan. Padahal menurut sejumlah pakar kesehatan pengobatan terbaik dari penyakit kanker adalah pengobatan sejak dini.

Jadi ketika berat badan tiba-tiba turun sebaiknya Anda tidak langsung bersenang-senang, apalagi sampai pesta semalam suntuk. Kondisi seperti itu bisa saja merupakan tanda adanya penyakit kanker di tubuh Anda. Penyakit kanker khususnya yang terjadi di bagian perut dapat menurunkan berat badan secara tiba-tiba.

Penyakit Tiroid

Bukan hanya penyakit kanker, gangguan tiroid juga bisa saja sedang terjadi pada tubuh Anda. Apalagi secara medis turunnya berat badan seseorang merupakan salah satu gejala umum dari penyakit tiroid.

Karena itu sebaiknya Anda perhatian dengan kondisi tubuh Anda. Jika timbangan yang tadinya 100kg lalu tiba-tiba turun drastis jadi 60kg sebaiknya Anda waspada.

Diabetes

Selama ini kebanyakan orang menganggap kalau penyakit diabetes atau yang umum kita sebut sebagai penyakit gula, sangat identik dengan orang gemuk. Hal tersebut memang bisa terjadi karena glukosa tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Hanya saja hal yang selama ini tidak banyak ditahu oleh kebanyakan orang kalau ternyata penyakit diabetes dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Penyakit Autoimun

Sama seperti penyakit diabetes, penyakit pankreas juga dapat menyebabkan berat badan menurun. Hal tersebut karena penyakit autoimun ini akan mendorong tubuh untuk memproduksi enzim khusus yang memicu penurunan berat badan. Tapi bukannya aman apalagi menyenangkan karena penyakit ini juga bisa berakibat serius.

Penyakit Rematik

Rematik juga bisa memicu penurunan berat badan. Hal tersebut karena gangguan yang dipicu oleh penyakit ini dapat menghilangkan nafsu makan. Kondisi ini tentunya akan membuat berat badan Anda menurun secara signifikan.

Nah, itulah 5 penyakit yang umumnya dapat membuat berat badan Anda menurun. Jadi ingat ya, jangan terlalu bahagia saat berat badan Anda “menghilang sebagian”.

LEAVE A REPLY