Kalau disuruh pilih antara sepotong pizza dengan menu ikan, sayur dan buah saya berani bertaruh kalau kebanyakan orang pasti akan lebih memilih pizza. Meski bukan menu makanan utama sepotong pizza dengan paduan keju gurih dan toping yang beraneka ragam, pizza memang selalu jadi pilihan utama.

Memang harus diakui kalau pizza punya “pesona” tersendiri bagi banyak orang, khususnya dengan cita rasanya yang menggugah selera. Jadi tidak teran mungkin ada banyak orang yang rela berebutan demi sepotong pizza.

Bahaya Sepotong Pizza oleh SegiEmpatCita rasa yang enak plus dengan lelehan adalah fokus utama dari para pecinta pizza, sayangnya mereka justru tidak sadar kalau sepotong pizza justru mengandung beberapa bahaya kesehatan. Benarkah? Lantas apa bahaya sepotong pizza bagi kesehatan? dari hasil penelitian yang diunggah oleh salah satu media internasional, berikut 5 bahaya kesehatan yang terkandung dalam sepotong pizza.

Kecanduan

Tak banyak yang sadar kalau semua bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pizza bisa menyebabkan kecanduan. Pasalnya semua bahan tersebut mengandung senyawa aktif yang dapat merangsang otak untuk meningkatkan kesenangan. Hal ini sekilas mungkin baik tapi nyatanya senyawa tersebut justru akan membuat kita jadi kecanduan, dan disinilah semua awal mula bahaya penyakit yang berisiko kita alami.

Membuat Kolesterol Meningkat

Lelehan keju di atas pizza adalah hal yang tidak bisa dihilangkan, bahkan bagi Anda penikmat pizza pasti tidak akan merasa lengkap tanpa keju. Keju memang memberikan rasa gurih yang semakin melengkapi cita rasanya. Tapi tahukah Anda meski keju mengandung nutrisi, mengkonsumsi terlalu banyak keju, apalagi terlalu keseringan justru bisa membuat kadar kolesterol jahat di dalam tubuh melonjak drastis. Itu karena keju dapat meningkatkan lemak di dalam darah.

Menyebabkan Perut Membuncit

Tentu Anda tahu kalau salah satu bahan dasar pizza adalah tepung. Tepung merupakan salah satu bahan yang sebenarnya tidak punya banyak manfaat, karena pada prosesnya semua kandungan vitamin, mineral dan serat justru hilang saat proses penyulingan sampai menyisakat zat tepung. Ternyata zat tepung tersebut justru tidak menyehatkan bahkan berbahaya pada perut, salah satunya menyebabkan perut jadi buncit. Jangan salah perut buncit bisa berisiko serangan jantung.

Meningkatkan Kadar Gula dalam Tubuh

Zat tepung dapat memicu peningkatan lemak di perut dan menyebabkan perut membuncit. Hal tersebut karena zat tepung tersebut menyembunyikan kadar gula di dalamnya. Selain membuat perut membuncit, kesering makan pizza tentu dapat membuat kadar gula dalam tubuh meningkat. Kondisi ini tentu dapat berujung diabetes dan akhirnya bahaya penyakit lain pun akan meningkat.

Meningkatkan Risiko Hipertensi

Zat gula dan natrium adalah dua kandungan yang selama ini tersembunyi pada sepotong pizza. Jika dikonsumsi secara wajar dua kandungan tersebut memang tidak berbahaya. Hanya saja kalau sudah kecanduan yang berarti pizza dikonsumsi secara berlebihan tentu berbahaya karena membuat Anda jadi semakin berisiko terkena hipertensi atau peningkatan tekanan darah.

Sudah tahu kan bahayanya? Mengkonsumsi pizza boleh asal jangan berlebihan.

LEAVE A REPLY