Anda pasti masih ingat dengan kata orangtua kita dulu saat berada di meja makan. Kalau makan jangan terlalu cepat, kunyah pelan-pelan baru telan. Nasehat seperti itu mungkin hampir setiap hari Anda dengar dari mulut orangtua kita, pastinya nasehat tersebut punya manfaat bagi kita yaitu agar kita tidak tersedak makanan yang kita konsumsi.

Namun sebenarnya nasehat untuk tidak makan terlalu cepat, bukan hanya untuk mencegah kita tersedak. Karena dari segi kesehatan para pakar menjelaskan jika memang ada bahaya yang bisa kita alami jika makan terlalu cepat.

Bahaya Makan Terlalu Cepat oleh SegiEmpatNah, untuk Anda yang punya kebiasaan seperti itu. Apalagi kalau rasa lapar sudah menyerang sebaiknya kenali bahaya makan terlalu cepat. Apa saja? Berikut ulasannya.

Gangguan Sinyal Otak

Otak kita bekerja ibaratnya wifi dengan pusat kendali berada di otak untuk mengirim semua sinyal berupa perintah pada organ-organ tubuh. Kira-kira apa yang terjadi saat sinyal tersebut mengalami gangguan?

Ibaratnya saat Anda sedang asik chat dengan teman-teman Anda atau bahkan gebetan terus tiba-tiba terkirim ke mantan. Ya seperti itulah yang terjadi jika tubuh kita mengalami gangguan sinyal pada otak. Ingin melakukan satu hal tapi yang kita lakukan adalah hal lain.

Tapi dalam hal ini, makan terlalu cepat akan memicu kita mengalami pola makan yang emosional. Hal ini membuat tubuh kita jadi tidak bisa membedakan apakah kita benar-benar lapar secara fisik atau hanya lapar mata. Jika kondisi ini terus terjadi tentu saja kita justru memicu bahaya bagi tubuh kita sendiri.

Membahayakan Pencernaan

Umumnya saat rasa lapar sudah menyerang kita jadi cenderung sulit untuk bisa makan dengan tenang. Bahkan nyatanya kebanyakan orang justru hanya sedikit mengunyah makanan lalu menelannya.

Nah, selain dapat memicu gangguan sinyal pada otak, makan terlalu cepat juga memicu gangguan pada pencernaan. Gangguan yang umum terjadi pada pencernaan adalah meningkatnya asam lambung dan menghambat proses pencernaan makanan. Itulah kenapa orang-orang yang makannya cepat cenderung lebih lama merasa kenyang bahkan kadang sampai muntah.

Menyebabkan Berat Badan Bertambah

Gangguan sinyal pada otak serta gangguan pencernaan adalah dua masalah kompleks yang bisa menyebabkan gangguan berbahaya pada tubuh. Kalau Anda yang ingin kurus, mungkin Anda melihat kalau makan cepat akan memudahkan Anda menurunkan berat badan. Pasalnya Anda akan kenyang lebih lama, tapi jangan salah makan terlalu cepat justru menyebabkan sebaliknya.

Karena ketika Anda makan terlalu cepat perut Anda jadi kesulitan untuk mengirim sinyal ke otak untuk memberitahukan jika Anda sudah kenyang. Alhasil Anda akan terus makan dan tentunya ini bisa membuat berat badan Anda justru makin bertambah. Belum lagi karena Anda mengalami gangguan proses pencernaan makanan yang justru bisa memicu kondisi lebih serius.

Nah karena itu sebaiknya saat makan cobalah untuk makan dengan pelan, Anda tidak perlu takut kehabisan makanan. Selain itu setelah makan sempatkan waktu untuk berdiri sekitar 20 sampai 30 menit, hal tersebut akan sangat membantu pencernaan untuk mencerna makanan dengan baik.

LEAVE A REPLY